Malangtimes

Korea Utara Bebas Masker, Kim Jong Un Deklarasikan Berakhirnya Wabah Covid-19 di Wilayahnya

Aug 14, 2022 07:53
Ilustrasi masker (pixabay)
Ilustrasi masker (pixabay)

JATIMTIMES - Per Sabtu (13/8/2022), Korea Utara resmi mencabut aturan wajib masker dan melonggarkan pembatasan Covid-19. Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un secara resmi telah mendeklarasikan berakhirnya wabah Covid-19 dan aturan wajib masker.

Kantor Berita Korut, KCNA menjelaskan, jika pencabutan tersebut dilakukan disemua area, namun terdapat daerah atau wilayah-wilayah yang masih ketat. "Langkah wajib mengenakan masker dicabut di semua area, kecuali area garis depan dan perbatasan kota dan kabupaten. Mengingat seluruh negara telah berubah menjadi zona bebas wabah," kata kantor berita Korut KCNA dikutip dari Detik.

Meskipun begitu, bagi warga Korea Utara yang mengalami penyakit pernafasan, tetap disarankan untuk mengenakan masker. Bukan hanya aturan tidak wajib mengenakan masker, namun Korea Utara juga tidak mewajibkan warganya untuk menjaga jarak. 

Sementara itu, sejauh ini Korea Utara mencatat hampir 4,8 juta kasus demam. Ini diyakini sebagai infeksi Covid-19. Meskipun begitu, sebagian kecil telah dilakukan tes dengan hasil positif dan dengan total 74 kematian.

Kecilnya tingkat fatalitas dan kasus positif membuat Organisasi Kesehatan Dunia mempertanyakan statistik Covid-19 yang kerap mengklaim berhasil mengendalikan wabah Covid-19.

Korea Utara menurut beberapa pihak memiliki sistem perawatan yang buruk. Bahkan dikatakan, fasilitas kesehatan rumah sakit tak lengkap. Selain itu, Korea Utara diyakini juga tidak memberikan vaksinasi terhadap 26 juta warganya. Padahal, pasokan vaksin selama ini telah diterima China. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru