Hujan Lebat, Pohon Sengon Depan RSI Aisyiyah Tumbang dan Timpa Dua Mobil

Aug 13, 2022 19:49
Tampak petugas DLH dan BPBD Kota Malang saat melakukan evakuasi pohon tumbang di depan RSI Aisyiyah Malang yang terletak di Jalan Sulawesi, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Sabtu (13/8/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES) 
Tampak petugas DLH dan BPBD Kota Malang saat melakukan evakuasi pohon tumbang di depan RSI Aisyiyah Malang yang terletak di Jalan Sulawesi, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Sabtu (13/8/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Hujan deras disertai angin kencang sejak siang sekitar pukul 12.30 WIB hingga sore sekitar pukul 18.00 WIB mengguyur Kota Malang dan sekitarnya.  Akibatnya, banyak pohon tumbang di beberapa lokasi 

Salah satunya diJalan Sulawesi, Kecamatan Klojen, atau di depan Rumah Sakit Islam Aisyiyah.  Di sini pohon tumbang menimpa dua mobil.

Menurut saksi mata  Fikri (17),  hujan deras disertai angin kencang di kawasan RSI Aisyiyah terjadi sejak pukul 12.30 WIB. Kemudian sekitar pukul 13.45 WIB, dirinya mendengar suara retakan kayu yang keras. 

Fikri melihat akar pohon sengon buto setinggi 15 meter dan diameter 75 sentimeter itu terlepas dari tanah dan akhirnya tumbang melintang di jalanan. "Waktu itu jalanan sedang sepi. Tapi ada dua mobil yang parkir di seberang RSI Aisyiyah akhirnya tertimpa," ungkap  Fikri kepada JatimTIMES.com, Sabtu (13/8/2022). 

Dua unit mobil naas itu berjenis Honda HR-V putih dengan nomor polisi AB-1813-NJ dan Daihatsu Ayla abu-abu dengan nomor polisi L-1704-TT. Dua mobil tersebut penyok di bodi bagian atasnya. 

Khusus mobil Honda HR-V juga mengalami retak pada kaca depan. Beruntung pemilik kedua mobil tersebut sedang berada di d RSI Aisyiyah sehingga tidak terdapat korban jiwa atas peristiwa pohon tumbang tersebut. 

Selain itu, akibat pohon tumbang  melintang menutup Jalan Sulawesi, pengendara diarahkan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mencari jalan alternatif lain. 

 Staf Bidang Pertamanan DLH Kota Malang Anggun Setiawan menyampaikan, sebenarnya pohon sengon buto di Jalan Sulawesi tersebut sudah didata akan dipotong dalam pekan ini karena berpotensi tumbang.  "Sudah kami data sebenarnya. Karena miring, mau kami potong minggu ini. Tapi ya mau gimana lagi, faktor alam, tumbang duluan," ujar Anggun. 

Proses evakuasi pohon tumbang  berjalan kurang lebih satu jam setengah. "Kami kerahkan satu truk untuk mengangkut potongan pohon dan satu mobil  skylift untuk membantu proses pemotongan pohon," pungkas Anggun. 

Sebagai informasi, di waktu yang bersamaan, beberapa pohon tumbang dengan ukuran besar juga terjadi di depan SMKN 7 Malang Jalan Satsui Tubun Gang IV, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru