Perumda Tugu Tirta Segera Fungsikan Tandon Sawojajar, Bantu Normalisasi Layanan

Aug 13, 2022 14:19
Tandon SPAM 2 di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. (Foto: Dok. Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang) 
Tandon SPAM 2 di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. (Foto: Dok. Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang) 

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang segera memfungsikan layanan tandon Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 2 yang berada di Kantor Pusat, Jalan Danau Sentani Nomor 100, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. 

Operasional ini dilakukannya usai perbaikan pipa transmisi di Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang yang pecah sepekan lalu. 

Dengan difungsikannya tandon SPAM 2, diharapkan bisa membantu normalisasi layanan dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang hingga saat ini terus berjalan. 

Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas menjelaskan, butuh waktu dalam proses normalisasi layanan yang berada di jangkauan terjauh, khususnya yang mendapat suplai dari reservoir Buring Atas. 

"Perlu diketahui, posisi critical point layanan Buring Atas adalah daerah Wonokoyo dan Jabal Nur karena berada di posisi elevasi tertinggi. Secara gravitasi, air akan mengalir ke titik terendah dulu, lalu secara bertahap ke titik yang lebih tinggi atau di atas," jelas Muhlas. 

Pihaknya menambahkan, layanan air perpipaan tidak ekuivalen atau sama kasusnya dengan layanan listrik. Karena menurutnya, pada layanan listrik, ketika jaringan kembali tersambung maka otomatis langsung menyala semua. 

"Sedangkan jika layanan air ada tahapan-tahapannya, termasuk proses normalisasi," ujar Muhlas.  

Lebih lanjut, mengenai pecahnya pipa dinas milik Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang berada di Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang mulai Sabtu (6/8/22) lalu, terdapat sejumlah hal teknis yang disinyalir menyebabkan kerusakan. Salah satunya dipengaruhi kualitas pipa. 

"Perlu diketahui, bahwa pipa saat ini adalah bantuan pusat, sementara kami penerima hibah kelola manfaat. Sejak kali pertama pecah pada akhir 2019, kami sudah mengajukan penggantian dan pada tahun 2020 kami telah menerima bantuan," beber Muhlas.  

Hanya saja, menurut Muhlas, penggantian yang sudah dilakukan pada tahun 2020 tersebut baru sebatas 2,8 kilometer saja. Padahal untuk jaringan pipa transmisi di kawasan Pulungdowo, panjangnya kurang lebih 15 kilometer. 

Sementara itu, sembari menunggu bantuan terkait jaringan pipa transmisi, pihaknya mengupayakan dengan melakukan kontra strategi. Yakni melalui pembangunan SPAM 2 di Kantor Pusat Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang berada di Sawojajar. 

"Harapannya bisa men-support dan cover kebutuhan layanan, termasuk cakupan Buring Atas. Sehingga jika nanti sewaktu waktu terjadi disfungsi pipa transmisi Pulungdowo, kami bisa memfungsikan layanan dari reservoir di Sawojajar," pungkas Muhlas. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru