Jangan Buang Biji Anggur, Manfaatnya Bisa Cegah Kanker hingga Serangan Jantung

Aug 13, 2022 09:58
manfaat buah anggur
manfaat buah anggur

JATIMTIMES - Anggur tidak hanya kaya dengan kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia pada buahnya tapi, juga pada bijinya. 

Ya, ternyata biji buah anggur (grape seed) juga mengandung poliphenol yang terkenal sebagai antioksidan kuat.

Antioksidan dalam grape seed extract mampu mencegah kerusakan pembuluh darah sehingga membantu mengurangi terjadinya penyakit jantung, serta memblok enzim yang mensintesis lemak, akibatnya lebih sedikit lemak yang diabsorpsi oleh tubuh. 

Dikutip dari medicastore.com, biji anggur juga mengandung resveratrol, yang mulai banyak diteliti karena dipercaya dapat bermanfaat dalam mencegah dan mengobati kanker. Resveratrol mampu meningkatkan konsentrasi antibodi sehingga menggenjot sistem daya tahan tubuh. Resveratrol konsentrat tinggi mampu menghapus sel-sel yang tidak berkembang dengan baik dan mampu meredam kerusakan DNA dalam sel pada tahap awal pertunasan sel benih kanker. 

Ekstrak biji anggur diklaim bisa mengerem laju penuaan, mencegah penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis) termasuk mencegah stroke dan serangan jantung. Selain itu, dapat merangsang pembentukan jaringan kolagen yang menggantikan kulit tua atau rusak. 

Kini anggur bisa dikonsumsi dalam berbagai bentuk, selain bisa dimakan langsung bisa juga diolah dalam sejumlah produk seperti jeli, kismis, atau suplemen kesehatan. 

Sedangkan untuk buah anggur memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang membantu melindungi sel-sel  tubuh dari serangan radikal bebas yang berbahaya. Sedangkan radikal bebas adalah suatu senyawa yang tidak stabil karena memiliki satu atau lebih elektron yang tak berpasangan sehingga amat reaktif dan selalu mencari pasangan elektronnya. 

Radikal bebas ini penting bagi kesehatan dan fungsi tubuh yang normal dalam memerangi peradangan dan membunuh bakteri. Radikal bebas bisa dikatakan aman dan efektif dalam tubuh, bila tidak dalam jumlah yang berlebihan atau dalam keadaan seimbang. Saat tubuh dipenuhi radikal bebas yang berlebihan, maka molekul yang tidak stabil yang berada di dalam tubuh menjadi berubah bentuk menjadi molekul pemangsa. Mereka mulai bergerak liar dan menyerang bagian tubuh yang sehat maupun yang tidak sehat sehingga terjadi penyakit, seperti penyakit jantung, kanker dan penuaan dini. 

Karena itu, pemenuhan kebutuhan antioksidan menjadi hal yang perlu demi kesehatan tubuh. Selain dari sayuran, antioksidan juga bisa didapat lewat buah, salah satunya adalah buah anggur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru