Malangtimes

Dinkes Kota Malang Targetkan BIAN Selesai di Agustus 2022

Aug 12, 2022 20:19
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang, Jumat (12/8/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang, Jumat (12/8/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menargetkan capaian pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kota Malang minimal selesai 95 persen di Bulan Agustus 2022. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinkes Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang. 

Pihaknya menyebut, Dinkes Kota Malang awalnya menargetkan pencanangan BIAN selesai 100 persen pada pekan kedua Bulan Agustus 2022. Namun, hingga saat ini target capaian pencanangan BIAN di Kota Malang masih berada di angka 45 persen. 

"Kalau capaian masih diangka 45 persen semoga bisa 80 persen dan tinggal 20 persen. Nanti kita sulam di minggu ketiga, jadi di Bulan Agustus minimal 95 persen selesai," ungkap Husnul kepada JatimTIMES.com, Jumat (12/8/2022). 

Setiap hari, petugas Dinkes Kota Malang akan melakukan evaluasi terhadap capaian pencanangan BIAN di seluruh wilayah Kota Malang. Dari tahapan evaluasi tersebut, nantinya akan diketahui berapa kekurangan capaian pencanangan BIAN di Kota Malang. 

"Kemudian berapa yang kurang kita susulkan di minggu ketiga, istilahnya kita sulam. Kita datangi untuk pelacakan kita ke sana," ujar Husnul. 

Pihaknya pun meyakini, pencanangan BIAN di Kota Malang dapat selesai sesuai target di Bulan Agustus 2022. Pasalnya para petugas Dinkes Kota Malang yang berada di berbagai fasilitas layanan kesehatan dibantu oleh beberapa unsur. 

Di antaranya, bidan praktik mandiri, Tim Penggerak PKK mulai kecamatan hingga ke tataran RT/RW, serta kesediaan masyarakat yang membawa anak-anaknya ke Posyandu terdekat untuk mengikuti imunisasi Measles and Rubella atau Campak dan Rubella. 

"Kemarin itu di per kelurahan. Satu kelurahan di kumpulkan di balai kelurahan atau balai RT/RW, untuk memudahkan mobilisasi, kedua memudahkan kumpulkan sasaran," tutur Husnul. 

Untuk diketahui, pada pelaksanaan pencanangan BIAN 2022 di Kota Malang ini bertujuan untuk meningkat kekebalan tubuh anak balita di usia 9 bulan hingga 59 bulan dengan diberikan vaksin Measles and Rubella atau Campak dan Rubella. 

Selain untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak balita, pelaksanaan pencanangan BIAN 2022 ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI untuk mengejar target ketertinggalan capaian di dua tahun terakhir karena pandemi Covid-19. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru