Bupati Malang Sanusi Lantik 2 Jabatan Tinggi dan Rotasi 4 Camat

Aug 12, 2022 20:05
Prosesi pelantikan dua jabatan tinggi dan empat camat di lingkungan Pemkab Malang, Jumat (12/8/2022).(Foto: Istimewa).
Prosesi pelantikan dua jabatan tinggi dan empat camat di lingkungan Pemkab Malang, Jumat (12/8/2022).(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Bupati Malang Sanusi kembali merotasi sejumlah pejabatnya. Prosesi pelantikan dilakukan di area Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jumat (12/8/2022) siang. Rotasi tersebut juga kelanjutan dari seleksi terbuka (Selter) jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) pada salah satu jabatan yang baru saja mendapat kelanjutan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang, ada 6 nama pejabat yang dirotasi untuk menduduki jabatan baru. Yakni Firmando Hasiholan Matondang yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim), kini menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sementara itu, untuk jabatan Kabag Prokopim saat ini diisi oleh Marendra Hengky Irawan. Yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Wajak. 

"Untuk jabatan Kepala Satpol PP memang sudah sesuai rekomendasi dari KASN. Itu cuma masalah teknis saja," ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah, Jumat (12/8/2022).

Secara umum tidak ada catatan untuk jabatan Kepala Satpol PP yang saat ini baru dilantik. Meskipun proses seleksi terbukanya sudah dilangsungkan beberapa waktu lalu. Hanya saja, penjabat yang baru harus segera memiliki kualifikasi sebagai penyidik pegawai negeri sipil (PPNS).

"Jadi ada istilahnya itu 'Duk-Dik' jadi duduk dulu di jabatannya baru dididik. Bisa juga dibalik. Tapi yang penting itu sudah sesuai rekomendasi KASN," terang Nurman. 

Sementara itu, Bupati Malang HM. Sanusi mengatakan agar pejabat yang baru dilantik, masing-masing bisa meningkatkan kapasitas kelembagaan perangkat daerah dan pembinaan karir bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Menurutnya, kedua hal ini harus diperkuat agar dapat meningkatkan kinerja guna mencapai visi, misi serta program unggulan Kabupaten Malang.

Dirinya bersama Tim Penilai Kinerja (TPK) Kabupaten Malang juga berkomitmen untuk terus menilai dan mengawasi kinerja ASN di Kabupaten Malang. Tidak lupa juga agar segera melakukan fungsi-fungsi kepemimpinan dengan tetap, benar-benar berkorelasi positif bagi peningkatan kinerja, kedisiplinan, dan kualitas pelaksanaan seluruh program maupun kegiatan.

''Tentu harus membangun sinergitas untuk program Pemerintah Kabupaten Malang, jaga dengan baik kepercayaan yang selama ini telah diemban," ujar Sanusi

Tidak hanya itu, untuk jabatan camat yang baru dilantik, Sanusi menegaskan bahwa Camat adalah kepanjangan tangan dari Bupati. Dan keberadaannya, harus ada di setiap wilayah Kecamatan untuk menjalankan tugas-tugas Pemkab Malang di daerah untuk keberhasilan program pemerintah di tingkat Kecamatan.

“Di setiap daerah saya minta kepada Camat di bidang pendidikan, untuk mengecek setiap sekolahan yang muridnya berjumlah minim,  di bidang kesehatan, Camat juga harus mengetahui jika di wilayahnya terdapat pelayanan kesehatan yang tidak prima dan puskesmasnya tidak bagus agar segera membuat laporan kepada pimpinan, serta yang terakhir di bidang ekonomi, tentang potensi ekonomi di daerahnya tentu untuk mencapai semuanya tentu para Camat harus berkolaborasi dengan para Kepala Desa karena Camat adalah pembina para Kepala Desa tersebut,” pungkasnya.

Sebagai informasi, selain jabatan Kepala Satpol PP dan Kabag Prokopim, juga ada 4 jabatan Camat yang baru dilantik. Yakni Endah Sriyati yang sebelumnya menjadi Sekcam Pakisaji kini menjadi Camat Pakisaji. Camat Wajak yang saat ini dijabat oleh Yateno, Camat Sumberpucung yang saat ini diisi oleh Sri Pawening dan Camat Kromengan yang diisi oleh Anang Toyib. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru