Sumbang PDRB Tertinggi se-Jatim, Kabupaten Malang Terima Penghargaan dari Pemprov

Aug 11, 2022 18:11
Asisten II Setda Kabupaten Malang Nurcahyo bersama Kepala Disperindag Mahila Surya Dewi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Agung Purwanto.(Foto: Istimewa).
Asisten II Setda Kabupaten Malang Nurcahyo bersama Kepala Disperindag Mahila Surya Dewi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Agung Purwanto.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Kabupaten Malang kembali mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Penghargaan kali ini diterima Kabupaten Malang sebagai daerah kabupaten/kota yang menyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) tertinggi se-Jawa Timur. 

PDRB yang disumbang adalah dari sektor industri agro, yakni sebesar 5,607934% atau sebesar Rp 15.836.046.330.000 dari nilai keseluruhan sebesar Rp 282.386.480.000.000. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Mahila Surya Dewi berharap bahwa capaian tersebut juga bisa diikuti dalam upaya pemulihan ekonomi daerah (PED) Kabupaten Malang pasca pandemi Covid-19. 

"Jadi mudah-mudahan saja untuk program PED pasca Covid-19 ini kita bisa lebih berkontribusi lagi dari segi industri agro," ujar Mahila kepada JatimTIMES, Kamis (11/8/2022). 

Menurutnya, capaian tersebut cukup menegaskan bahwa hasil industri agro di Kabupaten Malang cukup diperhitungkan untuk skala Jawa Timur. Meskipun, dalam penghargaan ini, ada juga ada hal lain yang dijadikan indikator oleh Pemprov Jawa Timur. 

"Jadi PDRB ini kan ada indikatornya, kita menyumbang pemasukan terbesar dari industri agro, pertanian. Industri agro, artinya industri agro di Kabupaten Malang cukup diperhitungkan untuk skala Jawa Timur," terang Mahila. 

Dengan capaian tersebut, kedepannya ia berharap bisa terus ditingkatkan. Tentu dalam hal ini, ia menilai sangat diperlukan kolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya. 

"Jadi bukan Disperindag saja. Namun juga ada Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan agar bisa lebih berkolaborasi," pungkas Mahila. 

Sebagai informasi, penghargaan tersebut diserahkan di Surabaya pada Kamis (11/8/2022). Dalam hal ini Pemkab Malang diwakili oleh Asisten II Setda Kabupaten Malang, Nurcahyo. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru