Rakernas APEKSI XV Dibuka, Wali Kota Sutiaji: Pentingnya Sinergi Sikapi Isu Strategis Perkotaan

Aug 08, 2022 20:19
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat disambut dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI XV Tahun 2022 di Kota Padang, Senin (8/8/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Malang) 
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat disambut dalam acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI XV Tahun 2022 di Kota Padang, Senin (8/8/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Malang) 

JATIMTIMES - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-XV Tahun 2022 secara resmi telah dibuka oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan di Hotel Truntum, Kota Padang, Senin (8/8/2022). 

Dalam sambutan pembukaan Rakernas APEKSI ke-XV, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan berpesan kepada wali kota di seluruh Indonesia untuk dapat saling melakukan kolaborasi serta sinergi dalam mewujudkan sebuah inovasi. Selain itu, pihaknya juga mengajak kepada seluruh wali kota di Indonesia yang tergabung dalam APEKSI agar menjalin sinergi untuk menjamin stabilitas dan ketersediaan serta harga bahan pokok. 

"Kita juga harapkan stabilitas politik dan keamanan bangsa tetap terjaga," ujar Zulkifli Hasan di hadapan wali kota se-Indonesia. 

Foto bersama.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, tingkat kehadiran para wali kota se-Indonesia yang terbilang cukup tinggi dalam Rakernas APEKSI ke-XV Tahun 2022 ini sangat strategis untuk membangun kesepahaman dalam menjawab sejumlah isu strategis saat ini. 

"Lebih dari 90 wali kota dari total 98 kota hadir ya. Jadi saya pikir ini momentum yang baik untuk kita memperjuangkan isu honorer atau tenaga kontrak kaitannya dengan PPPK. Juga hal-hal terkait dinamika inflasi, kemandirian fiskal, pilpres, pileg dan pilkada," ungkap Sutiaji. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini menambahkan, usulan dan pembahasan semua isu akan dikerucutkan dalam Sidang Pleno pada hari Selasa (9/8/2022) besok. 

Sutiaji berharap aspirasi pemerintah daerah nantinya bisa diakomodir oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri RI. Selain itu, dirinya turut mengapresiasi penyelenggara Rakernas kali ini. 

"Kami mengucapkan apresiasi pada Apeksi Pusat dan Pemkot Padang. Tadi disampaikan cost memang Rp 14 miliar, tapi yang hadir 5.000 sampai 6.000 dari seluruh Indonesia," terang Sutiaji. 

Selain itu, dengan penyelenggaraan Rakernas APEKSI ke-XV Tahun 2022 di Kota Padang kali ini juga memiliki efek domino bagi perekonomian. Mulai dari hotel, penerbangan, wisata, hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang begitu luar biasa besarnya. 

Sebagai informasi, Rakernas APEKSI ke-XV Tahun 2022 yang digelar di Kota Padang ini dilaksanakan mulai 7 sampai 10 Agustus 2022. Di dalamnya terdapat sembilan acara utama, lima acara pendamping dan satu special event. Tema yang diangkat adalah Kota Kita Bangkit, Yang Maju, Yang Bersinergi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru