Evaluasi PKH di Malang, Mensos Risma Minta KPM Kembangkan Potensi yang Ada

Aug 07, 2022 16:18
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat mendampingi Mensos Tri Rismaharini memberi arahan soal PKH. (Foto: Istimewa).
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat saat mendampingi Mensos Tri Rismaharini memberi arahan soal PKH. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini mendorong agar keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Malang bisa mengembangkan potensi yang ada di setiap wilayahnya masing-masing. 

Hal tersebut menjadi salah satu evaluasi yang disampaikan saat berkunjung ke Kabupaten Malang pada Minggu (7/8/2022). 

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Risma didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, Direktur Jaminan Sosial, dan sejumlah jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang. Risma mengatakan, untuk mengawal hal tersebut, pihaknya juga bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dalam upaya memperkuat ekonomi KPM PKH di Kabupaten Malang yang jumlahnya mencapai 2.500. 

“Saya berharap mereka mampu mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki di Kabupaten Malang. Kalau mereka berusaha, kapasitas mereka jauh lebih besar,” ujar Menteri Risma, Minggu (7/8/2022).

Nantinya, Kementerian Sosial (Kemensos) akan mendukung dengan memberikan bantuan berupa peralatan untuk memulai usaha bagi ribuan KPM PKH yang berada di wilayah Malang Raya. Tentunya, Pemerintah Kabupaten Malang (Pemkab) juga bersama-sama mendorong dan mendukung penuh program tersebut. 

Untuk itu, secara langsung Menteri Risma memberikan instruksi agar warga Kabupaten Malang yang tercatat sebagai KPM PKH bisa segera menginventarisir potensi-potensi yang mungkin bisa untuk dikembangkan di masing-masing kecamatan. Selanjutnya, agar segera melaporkan kepada Kemensos RI apa yang menjadi kebutuhan. Agar segera dapat disalurkan bantuan dan dukungan. 

Hal ini untuk mendorong kemandirian finansial dan meningkatkan kesejahteraan keluarga secara bertahap. Perlu adanya kolaborasi untuk membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebab bila daya beli masyarakat meningkat dan bisa terus dijaga, maka pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami peningkatan.

“Saya yakin dengan pengalaman yang ada, kita bisa melakukan percepatan. Saya mengharapkan di Malang Raya ini, kemiskinan akan turun,” imbuh Menteri Risma. 

Sementara itu, Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat mengatakan bahwa hingga saat ini menurutnya, masyarakat yang tercatat sebagai KPM PKH sudah memaksimalkan segala daya dan upaya. Meskipun masih ada beberapa hal yang diminta oleh Mensos Risma agar terus dikembangkan. 

"Dari rekan-rekan KPM itu Kabupaten Malang kan sudah melaksanakan semua, tidak ada kendala apa-apa. Dari semua sudah terlaksana, tadi sudah diapresiasi Bu Menteri," ujar Wahyu. 

Wahyu mengatakan, Mensos Risma meminta setidaknya ada 3 potensi yang bisa lebih dikembangkan dari setiap kecamatan. Dalam hal tersebut, menurutnya Kemensos juga siap untuk memberikan dukungan penuh. 

"Karena memang rata-rata potensi, potensi-potensi yang itu kalau difasilitasi seperti ini, mereka (masyarakat) akan siap," terang Wahyu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru