Pemkot Batu Targetkan 1.900 Nakes Selesai Vaksinasi Booster Kedua Pekan Depan

Aug 07, 2022 16:14
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan Vaksinasi Covid-19. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan Vaksinasi Covid-19. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Vaksinasi Covid-19 booster kedua bagi tenaga kesehatan sudah dilaksanak sejak 29 Juli 2022. Dinas Kesehatan Kota Batu menargetkan 1.900 tenaga kesehatan selesai divaksin pada pekan mendatang.

“Vaksinasi booster tahap dua untuk tenaga kesehatan ini sudah berjalan sejak akhir bulan Juli,” ungkap Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr Susana Indahwati.

Dari 1.900 nakes dan SDM (Sumber Daya Manusia) Kesehatan lainnya yang ditargetkan memperoleh suntikan vaksin tersebut, hingga saat ini sudah mencapai sepertiga dari jumlah target.

Namun Susan yakin pada Rabu (10/8/2022) vaksinasi booster tahap dua bisa mencapai target. “Insya Allah hari Rabu (10/8/2022) depan sudah selesai semua,” tambah Susan.

Menurutnya vaksinasi dosis keempat diberikan bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama. Kemudian pemberian vaksinasi booster kedua atau dosis keempat dengan jarak waktu minimal 6 bulan dari vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama.

“Untuk jenis vaksin yang diberikan, karena nakes awalnya diberikan Moderna, maka dosis ke empat juga diberikan Moderna dengan jumlah setengah dosis per orang,” imbuh Susan.

Bagi dokter, bidan, perawat dan lainnya bisa melakukan vaksinasi booster tahap kedua dengan datang ke Gedung Graha Pancasila pada Selasa (9/8/2022).

Sedang, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua sesuai Surat Edaran Nomor HK.02.02/C.3615/2022 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes.

Dalam surat edaran tersebut, kepala Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota diperintahkan melaksanakan vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru