Jelang Rampungnya JLS Tahap II, Jalan Masuk Menuju Kondangmerak Dipermak

Aug 07, 2022 15:32
Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Malang mempermak akses jalan menuju wisata Pantai Kondang Merak. Hal tersebut menyusul kelanjutan pembangunan jalur lintas selatan (JLS) tahap II menuju Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo hingga menuju perbatasan Kabupaten Blitar. 

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Malang, Romdhoni mengatakan, dari JLS hingga menuju pintu masuk Pantai Kondang Merak ada jalan sepanjang 1,8 kilometer yang sedang dikerjakan. Dan hingga saat ini sudah progresnya kurang lebih sudah mencapai 45 persen. 

"Itu kurang lebih sepanjang 1,8 kilometer. Itu kita beton sampai JLS (jalur lintas selatan) hingga masuk Kondang Merak nya kita beton sudah 45 persen. Dan tahun ini targetnya sudah rampung," ujar Romdhoni. 

Sementara itu, untuk kelanjutan JLS hingga menuju perbatasan kabupaten, kurang lebih ada ruas jalan sepanjang 4,5 kilometer yang bakal dirampungkan. Informasi yang ia himpun, pekerjaan tersebut ditarget akan rampung pada 2023 mendatang. 

"Target, batas Kabupaten Blitar dari Malang, kurang 4,5 km masih dalam pelaksanaan. Targetnya di tahun 2023 ini akan selesai. Malah justru, mereka (Kemen PUPR) kalau bisa selesai tahun 2022 akan diselesaikan tahun 2022," terang Romdhoni. 

Sementara itu sebagai informasi, JLS tahap II yang membentang dari Simpang Empat Pantai Balekambang ini totalnya mencapai 23 kilometer. Dan pada tahun 2021 kemarin sudah rampung sekitar 19 kilometer. 

Dengan demikian, dengan rampungnya pembangunan JLS tahap II nanti maka totalnya lebih dari 40 kilometer yang membentang di Malang Selatan. Dengan hal tersebut, sektor ekonomi menjadi yang diproyeksikan bakal tumbuh. 

Baik melalui deretan wisata pantai yang berjajar di sepanjang JLS hingga menuju Kabupaten Blitar. Hingga peluang investasi yang memang menjadi salah satu bidikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. 

Selain itu, salah satu yang disiapkan untuk mendukung keberadaa JLS adalah penguatan infrastruktur jalan dari Gondanglegi menuju Bantur. Yang rencananya akan ditingkatkan menjadi jalan nasional. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru