Alami Katarak? Jaga Pola Makanan dan Lakukan Teknik Ini

Aug 07, 2022 09:55
Mata katarak. (Foto: Pinterest)
Mata katarak. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Gangguan pada mata atau katarak kerap dialami pada orang lanjut usia. Untuk bisa menghindari dari katarak sebenarnya bisa diantisipasi dengan menjaga pola makan.

Pendakwah sekaligus dokter, dr. Zaidul Akbar menjelaskan, salah satu faktor penyebab katarak adalah tingginya asupan gula, olahan tepung, hingga nasi. Saat oksidasi yang terjadi pada tubuh karena tingginya gula akan terjadi keruhnya lensa mata.

Karena itu katarak kerap terjadi pada panderita diabetes. “Apalagi itu yang kena rata-rata usia 40-an, karena itu ayo mulai kurangi makanan gak sehatnya,” ungkap dr. Zaidul Akbar.

“Artinya itu Anda stop ganti dengan gula yang sehat, ganti karbohidrat dengan umbi-umbian itu sehat, dan biji bijian,” tambah dr. Zaidul Akbar.

Selain menjaga asupan makanan, untuk mengatasinya bisa dengan cara berbekam. Bekam bisa dilakukan pada area sekitar mata. Cara lainnya juga bisa dengan tusuk jarum. Dengan tusuk jarum itu dapat membantu memperbaiki fungsi lensa. Namun yang terpenting adalah proses degeneratifnya itu dihentikan dengan tidak makan yang gak sehat.

“Banyak puasa juga sangat baik, yang paling penting juga berdoa,” saran dr. Zaidul Akbar. 

Cara lain menurut dr. Zaidul Akbar juga bisa meneteskan air zam-zam ke mata. Kemudian juga diminum air zam-zam tersebut. “Minta ke Allah perbaiki mataku dan mungkin itu teguran dari Allah mungkin Allah gak suka,” tutup dr. Zaidul Akbar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru