Viral, Ospek Maba Univeritas Cenderawasih Teriakan 'Papua Merdeka'

Aug 07, 2022 08:22
Potongan gambar pada video viral dalam kegiatan ospek meneriakkan "Papua Merdeka"(Ist)
Potongan gambar pada video viral dalam kegiatan ospek meneriakkan "Papua Merdeka"(Ist)

JATIMTIMES - Potongan video amatir yang merekam sebuah kegiatan orientasi mahasiswa tersebar di media sosial. Namun, bukan karena ospeknya yang membuat menarik perhatian, akan tetapi teriakan-teriakan "Papua Merdeka" yang diucapkan oleh para peserta ospek. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @majeliskopi08, Sabtu (6/8/2022).  

Bahkan, dalam video para peserta nampak seperti diarahkan atau dibimbing meneriakkan kata-kata Papua Merdeka, sembari mengangkat dan mengepalkan tangan ke atas. 

Dalam video tersebut, juga terdapat narasi "Yel-yel Papua Merdeka di Ospek Fakultas Fisip Uncen (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih, Papua) 2022". 

Para panitia ospek membakar semangat mahasiswa dalam pengenalan mahasiswa baru itu. "Papua," teriak panitia dalam ospek itu. Kemudian, puluhan mahasiswa yang mengenakan kemeja putih, menyahuti dengan meneriakkan "Merdeka," teriak mahasiswa yang mengikuti ospek.

"Hidup Mahasiswa! Hidup. Hidup Mahasiswa! Hidup. Papua! Merdeka! Papua! Merdeka," teriak panitia Ospek dan mahasiswa baru.

Video yang banyak memantik respon dan perhatian para netizen, dalam video terdapat informasi tanggal yang menyebutkan, kegiatan ospek Fisip Uncen itu terjadi pada 4 Agustus 2022.

Video tersebut banyak memantik respon para netizen. @@iqbalabhar berkomentar, "NKRI HARGA MATI.... JAYALAH INDONESIA KU". 

Kemudian akun @user7911337790365, menuliskan komentar agar semua pengurus kampus untuk diganti. "Semua harus di ganti ..mulai dari rektor sampai cleaning servis nya .. ini yg memprovokasi keadaan ..," tulisnya dalam kolom komentar.

Bahkan ada juga netizen yang berkomentar agar pihak terkait menangkap rektor kampusnya. Seperti akun @RAJA MUDA yang menuliskan, " tangkap rektornya".

Sementara itu, video yang menuai prokontra itu sampai saat ini masih terus memantik komentar para netizen. Video di TikTok itu hingga kini telah ditonton 25 ribu pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru