Bantu Percepatan Vaksin PMK Tahap II, Polres Batu Kerahkan 5 Tim Vaksinator

Aug 06, 2022 16:08
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melihat kondisi sapi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji beberapa saat lalu.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat melihat kondisi sapi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji beberapa saat lalu.

JATIMTIMES - Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Batu hingga Sabtu (6/8/2022) masih terus berlanjut. Untuk mempercepat proses vaksinasi tahap II ini Polres Batu menurunkan 5 Tim Vaksinator.

Kota Batu digelontor 10 ribu vaksin PMK. Lokasi sasaran PKM tahap II rinciannya, untuk Tim 1 sasarannya di Desa Songgokerto dengan target 110 ekor, Tim 2 di Desa Oro-oro Ombo target 236 ekor.

Lalu Tim 3 di Desa Tlekung target 187 ekor, Tim 4 di Desa Tulungrejo target 45 ekor, Desa Punten 15 ekor dan Desa Bulukerto 50 ekor dengan total target 110 ekor. Sementara Tim ke 5 berada di Desa Gunungsari targetnya 229 ekor.

“Dengan sasaran dan target yang sudah ditentukan, kita harapkan percepatan vaksin tahap kedua di wilayah hukum Polres Batu bisa secepatnya tuntas,” ungkap Kapolres Batu, AKBP Oskar Syamsuddin.

Dengan alokasi 10 ribu vaksin itu, seluruh hewan ternak yang ada di wilayah hukum Polres Batu segera terbebas dari PMK. “Pelaksanaan vaksinasi PMK di Kota Batu ini bisa berjalan lancar untuk mempercepat penyembuhan dan mengantisipasi penularan PMK,” tambah Oskar.

Oskar menambahkan, sebanyak 5 tim yang diterjunkan ini terdiri dari dokter hewan, vaksinator Si Dokkes, Babinsa, Bhabinkamtibmas, BPBD, Koas FKH UWK, dan sebagainya.

Pada Sabtu ini, vaksinasi tengah berlangsung di Dusun Gangsiran, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo. Sedang, dari 8.000 dosis vaksin yang diterima Kota Batu pada dosis pertama capaian vaksinasi pada hewan ternak mencapai 7.915 atau 98,84 persen.

Dalam kasus PMK ini setidaknya, hewan ternak sapi harus mendaptkan tiga kali vaksin. Sedangkan untuk dosis ketiga akan diberikan dengan jarak waktu 6 bulan dari dosis kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru