Semarakkan Tahun Baru Islam, Rumah Sedekah NU Berangkatkan 5 Anak Yatim Umrah

Aug 04, 2022 10:28
Raja (12) salah satu anak yang beruntung mendapatkan kesempatan umroh bersama Bupati Malang, HM. Sanusi dan Inisiator Rumah Sedekah Noor Shodiq Azkandar.(Foto: Moh. Amin/MalangTIMES).
Raja (12) salah satu anak yang beruntung mendapatkan kesempatan umroh bersama Bupati Malang, HM. Sanusi dan Inisiator Rumah Sedekah Noor Shodiq Azkandar.(Foto: Moh. Amin/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sebanyak 5 anak yatim dari Malang Raya mendapat kesempatan untuk melakukan ibadah umrah. Hal tersebut masuk dalam serangkaian kegiatan yang digelar oleh Rumah Sedekah Nahdlatul Ulama (NU) dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H. 

Dalam kegiatan yang digelar Rabu (3/8/2022) tersebut, dari 5 orang anak yatim yang mendapatkan kesempatan tersebut, tiga diantaranya secara simbolis dipilih dengan melakukan pengundian. Bupati Malang HM. Sanusi didampingi Inisiator Rumah Sedekah NU Noor Shodiq Askandar berkesempatan mengambil undian yang pertama. 

Dan yang beruntung adalah Rizwan (10) yang berasal dari Panti Asuhan di Sumbersari, Kota Malang. Undian yang kedua ialah Raja (12), rekan se-panti asuhan Rizwan. Raja sendiri ternyata berasal dari Flores. Sedangkan undian ketiga didapat oleh Rozak (10) yang berasal dari panti asuhan di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau. 

"Malam ini kita memberikan simbolisasi kepada anak-anak yang kurang mampu untuk umrah. 5 anak didampingi para pengusaha. Tujuannya bukan hanya umrah tetapi dengan berkumpul dengan pengusaha, maka mindset mereka bisa berubah. Bahkan mereka bisa peduli kepada anak-anak yatim yang lain nantinya," ujar Inisiator Rumah Sedekah, Noor Shodiq Azkandar.

Inisiator Rumah Sedekah Noor Shodiq Azkandar bersama Gus Azmi saat menyalurkan santunan dari mitra Rumah Sedekah.(Foto: Moh. Amin/MalangTIMES).

Selain memberikan kesempatan umrah, dalam Rumah Sedekah NU juga memberikan santunan kepada setidaknya 60 anak yatim. Pria yang akrab disapa Gus Shodiq ini mengatakan bahwa dengan hal tersebut diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk bersama berbuat baik. 

"Harapannya 1 kegiatan sedekah yang dilakukan, bisa menginspirasi. Kita hidup dari budaya gotong royong masyarakat Indonesia," ujar Gus Shodiq.

Selain itu dirinya berharap agar Malang bisa bersama-sama dalam menggerakkan masyarakat untuk membangun Indonesia dalam lingkup yang lebih kecil. Apalagi, jika pola kehidupan yang dibangun dengan budaya gotong royong, maka juga akan berdampak pada ekonomi yang lebih besar.

"Kalau gerakan ini jadi gerakan ekonomi maka kesenjangan ekonomi bisa dikurangi. Jika itu terjadi maka sebenarnya keamanan dan kriminalitas bisa kita tekan," pungkas Gus Shodiq.

Sementara itu, Bupati Malang, HM. Sanusi mengatakan berharap bahwa keberadaan Rumah Sedekah NU bisa terus mendatangkan manfaat bagi masyarakat secara luas dan umat. Salah satunya dengan berusaha memuliakan anak yatim dan duafa dengan memberikan santunan dan memberangkatkan ibadah umrah. 

"Mudah-mudahan Rumah Sedekah bermanfaat dan barokah untuk umat. Syukur alhamdulillah, malam hari ini kita bisa berkumpul bersama dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam dan memberikan santunan bagi anak yatim. Selamat juga bagi lima anak usia dbawah 12 tahun yang beruntung dan terpilih untuk diberangkatkan umrah ke tanah suci oleh Rumah Sedekah," ujar Sanusi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru