3 Petahana Maju Lagi di Pilkades Kota Batu 2022, Berikut Daftar Cakades di Lima Desa

Aug 01, 2022 18:20
Penepatan pengambilan nomor urut calon kepada desa di Desa Bulukerto. (Foto: Tv Desa Bulukerto)
Penepatan pengambilan nomor urut calon kepada desa di Desa Bulukerto. (Foto: Tv Desa Bulukerto)

JATIMTIMES - Lima desa di Kota Batu akal menggelar pemilihan kepala desa serentak 2022 ini. Tiga kepala desa petahana  pun berhasil kembali melenggang sebagai calon kades (cakades).

Penetapan cakades dan penentuan nomor urut diumumkan pada 30 Juli lalu. Tahapan itu diumumkan panitia penyelenggaran pilkades tingkat Kota Batu.

Ketiga cakades petahana ini adalah Suwantoro di Desa Bulukerto, Imam Wahyudi di Desa Pesanggrahan, dan Abdul Manan di Desa Pandanrejo.

Karena menjadi cakades lagi, tentu ketiganya harus cuti dari tugasnya sebagai kades usai ditetapkan sebagai  cakades. Ketentuan itu mengacu pada Pasal 45 Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang pilkades.

“Ketiga petahana ini harus cuti dari jabatannya sebagai kades saat ini sesuati dengan peraturan,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu Aditya Prasaja Senin (1/8/2022).

Aditya menjelaskan,  lima desa yang bakal menggelar pilkades ada di dua kecamatan. Pertama,  di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggaran. 

Di Desa Pesanggaran terdapat 5 calon kades. Rinciannya, nomor urut pertama ada Imam Wahyudi, nomor dua Moestari, nomor tiga Sugeng Subagya, nomor empat Sutarno, dan nomor urut lima Rosihan.

Kemudian di Kecamatan Bumiaji, ada di Desa Pandanrejo yang terdapat 5 cakades. Rinciannya, Lutfi Ani Mastufah nomor urut satu, Hasan Bisri nomor dua,  Asep Abianto nomor tiga, Abdul Manan nomor empat, dan Sukisyanto nomor lima.

Masih di Kecamatan Bumiaji, di Desa Bulukerto hanya ada dua cakades yang bakal bersaing. Yakni nomor urut satu Suwantoro dan nomor dua Suhermawan.

Lalu di Kecamatan Bumiaji juga ada di Desa Sumbergondo. Rinciannya, nomor urut satu Yoyok Pudji Purnomo, nomor dua Sutrisno, nomor tiga Riyanto, dan nomor empat Hadi Purwanto.

Sedangkan di Desa Sumber Brantas, rinciannya, nomor urut satu Sunaryo, nomor urut dua Suliono, nomor tiga Suwito, dan nomor empat diduduki Saniman.

Totalnya ada 20 cakades yang berkompetisi pada ajang pilkades serentak yang digelar di lima desa. Jumlah ini berkurang dari sebelumnya sebanyak 28 pendaftar bacakades. Kemudian berkurang lagi menjadi 25 bacakades saat tes tulis dan wawancara. “Ada tiga pendaftar yang tak mengembalikan formulir pendaftaran,” tutup Aditya.

Tahapan pelaksanaan pilkades secara rinci dituangkan dalam Keputusan Wali Kota Batu Nomor 188.45/63/KEP/422.012/2022 tertanggal 17 Februari 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru