Wali Kota Malang Bagi-Bagi 10 Juta Bendera Merah Putih Buat Warga

Aug 01, 2022 15:37
Wali Kota Malang Sutiaji saat menyerahkan bendera merah putih secara simbolis kepada Camat Klojen Heri Sunarko di halaman Balaikota Malang, Senin (1/8/1/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji saat menyerahkan bendera merah putih secara simbolis kepada Camat Klojen Heri Sunarko di halaman Balaikota Malang, Senin (1/8/1/2022). (Foto: Dok. Humas Pemkot Malang)

JATIMTIMES - Dalam menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sedang melakukan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih.

Wali Kota Malang Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Kota Malang memberikan paket bendera merah putih secara simbolis kepada lima camat di Kota Malang dan perwakilan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) saat apel pagi bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di halaman Balaikota Malang, Senin (1/8/2022). 

Sutiaji menjelaskan, tujuan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan meningktakan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia. Gerakan ini merupakan imbauan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

"Anjuran ini dari pemerintah pusat kita gali nilai-nilai patriotisme, nilai-nilai juang, nilai-nilai NKRI, nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, dan kita tancapkan di Bumi Pertiwi ini bahwa Merah Putih adalah satu-satunya kita kuatkan di bumi persada Indonesia," ungkap Sutiaji. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemkot Malang ini menyampaikan, degradasi patriotisme dan nasionalisme anak bangsa telah menjadi ancaman tersendiri akibat dari disrupsi kemajuan teknologi. 

Sofyan Edi Jarwoko.

Oleh sebab itu, melalui gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ini diharapkan bermanfaat untuk menguatkan kembali nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme. 

"Bahwa nilai-nilai patriotisme sudah mulai luntur, maka dengan gelora 77 tahun kemerdekaan itu, harapannya nilai-nilai itu bangkit," tutur Sutiaji. 

Sementara itu, pihaknya terus mengajak masyarakat Kota Malang, jajaran instansi vertikal, perkantoran Pemkot Malang, BUMD, swasta, maupun perbankan turut mendorong rasa patriotisme dan nasionalisme sekaligus menyemarakkan kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengibarkan bendera merah putih. 

Menurutnya budaya mengibarkan bendera ini juga menjadi salah satu penghormatan untuk mengingat pengorbanan para pejuang meraih kemerdekaan. 

"Saat ini kita bisa hidup dan menikmati suasana kemerdekaan adalah karena perjuangan para leluhur kita yang sudah mengorbankan jiwa, raga, harta dan nyawanya. Maka nilai-nilai ini harus kita kuatkan," pungkas Sutiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru