BPJS Kesehatan Mudahkan Peserta Program JKN untuk Melahirkan

Aug 01, 2022 14:07
Salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Atika Amalia Dewi (26) saat menunjukkan kartu kepesertaannya. (Foto: Dok. Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Atika Amalia Dewi (26) saat menunjukkan kartu kepesertaannya. (Foto: Dok. Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memudahkan masyarakat yang telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam memperoleh layanan kesehatan, salah satunya saat melahirkan. 

Salah satu peserta program JKN yang merasakan manfaat dari layanan kesehatan menggunakan kartu BPJS Kesehatan yakni Atika Amalia Dewi. Ia merupakan warga Kota Malang dari segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas satu. 

Dirinya pun bersedia menceritakan pengalamannya saat akan melahirkan, namun terindikasi terdapat kegawatdaruratan. Sehingga harus dilakukan tindaklanjut medis di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

"Pada saat mau melahirkan saya langsung pembukaan enam, jadi langsung dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSIA Puri oleh keluarga saya," ujar Atika.

Atika mengaku sudah menjadi peserta program JKN selama empat tahun tersebut mengaku keberadaan BPJS Kesehatan sangat berarti dan bermanfaat untuk dirinya serta keluarganya.

Menurutnya, program JKN saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting. Atika juga mengaku untuk mengakses layanan kesehatan dengan menggunakan Kartu BPJS Kesehatan sangat mudah apabila dilakukan sesuai dengan prosedur dan indikasi medis.

Mulanya, dirinya mendaftar menjadi peserta Program JKN hanya karena untuk memenuhi syarat wajib kerja. Tetapi, setelah merasakan langsung manfaatnya, dirinya mengakui bahwa masyarakat sudah seharusnya memiliki Kartu BPJS Kesehatan untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah. 

"Semuanya mudah, dari proses pendaftaran, saat saya melahirkan hingga rawat inap prosesnya lancar dan cepat. Untuk pelayanan kesehatan yang diberikan juga tidak terdapat pembedaan, semuanya diperlakukan sama," terang Atika. 

Lebih lanjut, BPJS Kesehatan terus berkomitmen untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta program JKN. Selain itu, inovasi yang tak henti-hentinya terus dilakukan untuk memberikan kemudahan akses dan penyebaran informasi program JKN. Upaya-upaya tersebut juga di apresiasi oleh para peserta program JKN. 

Atika merasa sangat puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, karena selalu meningkatkan pelayanan kepada peserta program JKN. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak sekali inovasi dari BPJS Kesehatan yang memudahkan peserta program JKN. 

"Saat membutuhkan pelayanan administrasi juga tidak perlu datang langsung ke kantor karena bisa dilakukan melalui CHIKA, PANDAWA, Aplikasi Mobile JKN dan juga pelayanan yang ada di Mal Pelayanan Publik yang lebih dekat dan tidak terlalu antri. Semoga BPJS Kesehatan selalu sukses menjalankan program ini," pungkas Atika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru