Tepat 1 Muharram, 100 Jemaah Haji Asal Kota Batu Tiba dengan Selamat

Jul 30, 2022 15:04
Suasana menyambut jamaah haji di di Masjid Sultan Agung, Kecamatan Batu.
Suasana menyambut jamaah haji di di Masjid Sultan Agung, Kecamatan Batu.

JATIMTIMES - Tepat dengan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, sebanyak 100 rombongan jemaah haji kloter 20 asal Kota Batu tiba dengan selamat di Masjid Sultan Agung, Kecamatan Batu, Sabtu (30/7/2022). Kepulangan mereka disambut penuh haru keluarga yang menahan kerinduan selama 40 hari lamanya.

Kedatangan jemaah haji itu langsung disambut sanak keluarga, juga Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di masjid tersebut. Saat jemaah haji menginjakkan kakinya di masjid tersebut, tangis penuh haru mewarnai mereka.

Dewanti yang menyambut jemaah haji menyampaikan rasa syukurnya, lantaran para haji bisa kembali ke kampung halaman dengan kondisi sehat. 100 jemaah haji asal Kota Batu seluruhnya datang dengan sehat layaknya sebelum berangkat ke Tanah Suci.

“Alhamdulillah semua datang dengan selamat, bertepatan dengan tahun baru Islam ini, semoga kita semua menjadi orang yang lebih baik dan bapak-ibu bisa menjadi haji yang mabrur,” ungkap Dewanti.

Diketahui sebelumnya, jemaah haji asal Kota Batu sempat mengalami kelelahan saat berada di Tanah Suci. Terlebih cuaca di sana khususnya di Madinah mencapai 50 derajat celcius.

Tentunya hal ini berbanding terbalik dengan kondisi di Kota Batu. Dari 100 orang, ada 69 jamaah haji Kota Batu mengalami gangguan kesehatan lantaran kelelahan.

Sedangkan 31 orang lainnya dilaporkan dalam kondisi sehat. Gangguan kesehatan yang dialami jamaah haji ini terjadi setelah di Arafah, Musdhalifah dan Mina.

Meski demikian, kini mereka telah kembali bersama sanak keluarga setelah menjalani ibadah haji selama 40 hari lamanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru