Tingkatkan Kapasitas SDM, Satpol PP Kabupaten Malang Gelar Bimtek

Jul 30, 2022 12:37
Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Malang bersama Asisten I Setda Kabupaten Malang Suwadji. (Foto: Istimewa).
Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Malang bersama Asisten I Setda Kabupaten Malang Suwadji. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang menggelar kegiatan pembinaan SDM tentang Standar Kemampuan Minimal Petugas Dalam Penanganan Covid-19 di Masa Pemulihan Ekonomi. Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni 29 Juli dan 30 Juli 2022 tersebut dimaksudkan untuk peningkatan kapasitas personel. 

Plt Kepala Satpol PP Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang mengatakan, ada sebanyak 4 materi yang disampaikan oleh narasumber yang berbeda dalam kegiatan tersebut. Setidaknya ada 140 personel Satpol PP yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut. 

"Kegiatan bimtek ini untuk meningkatkan profesionalisme dan kapasitas personel saat bertugas. Terutama di masa pemulihan (ekonomi) di tengah pandemi Covid-19 ini," ujar Firmando. 

Kegiatan yang digelar di Pendapa Kabupaten Malang, Jalan Panji Kecamatan Kepanjen tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Malang Suwadji. 

Firmando mengatakan, bahwa dalam pelaksanaannya, pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak seperti Palang Merah Indonesia (PMI), Pemerintah Kota (Pemkot) Batu dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang. 

"Pihak yang kita gandeng tersebut masing-masing memberikan materinya. Untuk Pemkot Batu lebih tepatnya oleh Kepala Bidang Pencegahan Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu, Santoso Wardoyo yang juga menyampaikan materi tentang keselamatan petugas," terang Firmando. 

Sementara itu, materi selanjutnya yang dipaparkan adalah tentang Peran Standar Minimal Kemampuan Petugas dalam Penanganan Covid-19. Dimana dalam hal ini disampaikan oleh mantan Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bagyo Setyono. 

"Untuk materi penanganan Covid-19 berbasis masyarakat, disampaikan oleh Amirul Yasin, petugas dari PMI (Kabupaten Malang). Sedangkan untuk perwakilan DPRD, ada materi tentang Fungsi Satpol PP dalam menjòalankan tugas pada masa pemulihan ekonomi secara persuasif, humanis dan efekti. Yang dibawakan oleh Ketua Komisi I, Ahmad Fauzan," jelasnya. 

Dengan kegiatan tersebut, dirinya berharap bahwa seluruh personel Satpol PP bisa tetap berperan aktif dalam penanggulanan Covid-19. Hal itu juga mengingat peran Satpol PP yang juga terlibat dalam Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Malang.

"Setidaknya bisa tetap waspada. Terutama untuk menyosialisasikan kepada masyarakat bahwa meskipun melandai, Covid-19 itu masih ada, sehingga diharapkan prokes (protokol kesehatan) masih bisa diperhatikan," pungkas Firmando. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru