Ada Peningkatan, Retribusi Parkir Kota Batu Sampai Juni Capai Rp 400 Juta

Jul 27, 2022 19:28
Kawasan parkir di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kawasan parkir di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Setiap tahunnya retribusi parkir di Kota Batu belum pernah mencapai target yamg ditetapkan. Meski demikian Pemkot Batu kerap mematok target yang tinggi setiap tahunnya.

Seperti halnya pada target retribusi parkir di Kota Batu tahun 2022 ini tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yakni Rp 8,5 miliar. Jumlah itu sama seperti tahun 2021 silam.

Realitasnya, retribusi parkir di tepi jalan hanya menyentuh angka Rp 300 juta sampai Rp 500 juta di 2021. Angka tersebut jauh dari target retribusi yang telah ditetapkan Rp 8,5 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batu Imam Suryono mengatakan, hingga 30 Juni 2022 realisasi retribusi parkir di tepi jalan masih 4,5 persen. “Dari target Rp 8,5 miliar terealisasi Rp 392 juta,” ucap Imam.

Tentunya dengan angka tersebut masih jauh dari target retribusi parkir di tepi jalan yang mencapai Rp 8,5 miliar. Padahal kunjungan wisatawan di kawasan Alun-Alun Kota Batu kerap membludak apalagi sejak longgarnya aturan saat pandemi Covid-19. Dengan demikian hingga akhir tahun mendatang, Pemkot Batu masih harus mengejar kekurangan Rp 8,1 miliar untuk mencapai target. 

Menurut Imam, capai hingga Juni itu tergolong tinggi jika dibandingkan dengan 2021. “Dibandingkan dengan 2021. Saat itu, pada rentang waktu yang sama pendapatan yang terhimpun hanya Rp 250 juta,” tambah Imam.

Hal tersebut lantaran beberapa faktor. Melihat mulai meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Batu. Selain itu diperkirakan tingkat kesadaran jukir untuk menyetorkan hasil parkir.

“Selain itu dikarenakan kritisnya masyarakat terhadap pelayanan parkir. Jika tak diberi karcis, masyarakat tak perlu membayar,” terang Imam.

Capaian retribusi itu tercatat dari 130 titik parkir di Kota Batu. 130 titik parkir tersebut di bawah pengawasan Dinas Perhubungan Kota Batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru