Pria Jabar Ini Rela Tinggalkan Keluarga untuk Jualan Bendera Merah Putih di Malang

Jul 27, 2022 19:07
Dede saat menata bendera dan umbul-umbul yang ia jual (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)
Dede saat menata bendera dan umbul-umbul yang ia jual (foto: Hendra Saputra/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Jelang perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 Agustus 2022, pedagang musiman bendera Merah Putih dan umbul-umbul mulai muncul. Bahkan di Kabupaten Malang, terdapat pedagang dari Jawa Barat yang hanya datang karena menjual bendera jelang perayaan kemerdekaan.

JatimTimes menemui salah satu penjual bendera yang tak disangka berasal dari Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Pedagang tersebut bernama Dede Sunandar (31) yang selama tiga tahun terakhir berjualan di Kabupaten Malang.

Dede mengaku bahwa kedatangannya ke Malang memang untuk berjualan bendera dan umbul-umbul. Ia mengaku ingin meraih keberuntungan dari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini.

“Setiap menjelang HUT RI, saya selalu datang ke Kabupaten Malang untuk berjualan umbul-umbul dan bendera merah putih,” ungkap Dede saat ditemui di depan Gedung DPRD Kabupaten Malang, Rabu (27/7/2022).

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang cilok di Kecamatan Salopa itu mengaku sudah 3 hari bermalam di Kabupaten Malang. Bahkan, ia rela indekos dan meninggalkan keluarganya di kampung halaman.

“Saya di sini sudah 3 hari, di sini kos. Kalau untuk bendera-bendera ini saya bawa dari tempat asal. Harganya mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 80 ribu per item,” kata Dede.

Dede pun mengaku bahwa ia bersama lima rekan lainnya akan di Malang hingga satu hari jelang Kemerdekaan Republik Indonesia. “Biasanya tanggal 16 Agustus kami sudah pulang. Dari hasil berjualan bendera itu, kalau sampai habis penghasilannya berkisar Rp 1 juta,” ungkap Dede.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru