Peringati Hari Mangrove, Puslatpurmar-4 Purboyo Tanam Ribuan Bibit Bakau

Jul 27, 2022 11:20
Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Letkok Marinir Sulistyo Ivan saat menanam bibit mangrove di Pantai Tamban.(Foto: Istimewa).
Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Letkok Marinir Sulistyo Ivan saat menanam bibit mangrove di Pantai Tamban.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar)-4  Purboyo menggelar kegiatan penanaman bibit pohon mangrove di kawasan Pantai Tamban, Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati Hari Mangrove Sedunia.

Kegiatan penanaman bibit pohon mangrove ini dilakukan serentak secara nasional di sebanyak 77 titik lokasi se Indonesia. Presiden RI yang diwakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. melaksanakan penanaman Mangrove Nasional secara serentak melalui daring. 

Komandan Puslatpurmar-4 Purboyo Letkol Marinir Sulistyo Ivan N, M. Tr. Opsla memimpin pelaksanaan penanaman bibit mangrove di Pantai Tamban. Ia menegaskan bahwa penanaman bibit mangrove ini juga menjadi upaya untuk peduli terhadap lingkungan. 

"Kegiatan penanaman bibit pohon mangrove ini bertujuan untuk menanggulangi abrasi, menjadikan tempat wisata mangrove serta kampung bahari," ujar Letkol Marinir Ivan. 

Selain itu menurutnya, hal tersebut juga menjadi salah satu perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Yakni untuk terus bisa menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara. 

"Tinggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif. Jalin soliditas untuk menuju sinergitas dalam kesemestaan. Itu yang menjadu instruksi langsung dari Bapak KSAL," terang Letkol Marinir Ivan. 

Sebagai informasi, setidaknya ada sekitar 1.000 bibit mangrove yang ditanam dalam kegiatan tersebut. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh pihak Muspika Sumbermanjing Wetan, warga setempat, hingga sejumlah relawan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru