Gelar Pelatihan RPAM Angkatan ke-2, Perumda Tugu Tirta Jadi Kawah Candradimuka RPAM Nasional 

Jul 23, 2022 19:22
Para peserta pelatihan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Angkatan ke-2 yang digelar oleh Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Sabtu (23/7/2022). (Foto: Dok. Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)
Para peserta pelatihan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Angkatan ke-2 yang digelar oleh Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang, Sabtu (23/7/2022). (Foto: Dok. Humas Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menggelar pelatihan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) Angkatan ke-2 selama lima hari, mulai Senin (18/7/2022) hingga Jumat (22/7/2022). 

Pelatihan RPAM Angkatan ke-2 tersebut merupakan wujud Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dalam membuktikan konsistensinya dalam mengawal pelaksanaan RPAM. Di mana dalam pelatihan RPAM Angkatan ke-2 kali ini diikuti oleh 30 pegawai Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang. 

Terlebih lagi, sebagai salah satu pilot project nasional, Tim RPAM Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang terus memperkuat sumber daya manusia di internal perusahaan terkait pemahaman tentang RPAM. 

Dalam pelaksanaan pelatihan, sebanyak 30 pegawai dari lintas bagian tersebut mendapatkan materi dari para trainer andalan Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang yang kompeten di RPAM dan sudah teruji di level nasional hingga internasional. 

Mulai dari Dra Nanis Setiari MM, Djaka Setyanta ST, Gigih Yuli Asmara ST , Agung Putra Kusuma SKom serta Ir Endang Sukesi. Direktur Teknik Perumda Tugu Tirta Ir Ari Mukti MT juga memberikan best practice di hari pertama pelatihan. 

Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas SPd MSi menyampaikan, pelatihan ini bisa menjadi media penggemblengan bagi seluruh pegawai agar memiliki kompetensi mumpuni dan merata, khususnya di bidang RPAM.

"Kami berharap Perumda Tugu Tirta bisa menjadi kawah Candradimuka yang menghasilkan SDM berkualitas, kompeten dan inovatif. Sehingga ilmu yang dimiliki bisa bermanfaat bagi perusahaan dan semoga nanti dapat ditularkan ke BUMD Air Minum lain se-Indonesia," ungkap Muhlas dikutip JatimTIMES.com, Sabtu (23/7/2022). 

Menurutnya, sudah semestinya ilmu yang dimiliki para trainer andalan dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang ditularkan dan dibagikan ke pegawai-pegawai yang lain. 

"Sehingga proses regenerasi SDM yang kompeten bisa terus berjalan jika nanti para senior sudah purna tugas," kata Muhlas. 

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang itu juga memberikan motivasi bagi seluruh peserta pelatihan RPAM Angkatan ke-2 agar bisa mengembangkan potensi dan meningkatkan kapasitasnya sebagai tukang ledeng yang kapabel.

Bukan tanpa alasan bila berbagai pelatihan multi disiplin ilmu terus dibekalkan kepada para pegawai. Para trainer multi level yang dimiliki Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang telah menjadi mentor untuk banyak pelatihan yang diadakan, baik di Kota Malang maupun daerah-daerah lain. 

Apalagi Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang melalui lini bisnis Total System Solution (ToSS) juga mengembangkan training center dengan beragam paket pelatihan yang ditawarkan. Termasuk salah satunya adalah pendampingan RPAM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru