Peringati Hari Anak Nasional, Wabup Malang: Orang Tua Harus Beri Pendampingan Ekstra

Jul 23, 2022 15:57
Dialog interaktif yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.(Foto: Istimewa).
Dialog interaktif yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Malang menggelar kegiatan Malang Regency Eksku Vaganza 2022, Sabtu (23/7/2022) di Pendopo Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kepanjen. Kegiatan tersebut digelar untuk memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2022. 

Dalam kegiatan yang bertajuk 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju' ini, DP3A Kabupaten Malang berkolaborasi dengan Laskar Anak Kabupaten Malang. Pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto mengajak seluruh orang tua untuk terus mengawasi tumbuh kembang anak. 

"Peran orang tua menjadi penting, pendidikan menjadi penting, asupan vitamin untuk pertumbuhan menjadi penting. Ini ada kaitannya dengan perkembangan dan pertumbuhan anak dan stunting. Di saat anak-anak kita sehat, saya yakin ke depan generasi bangsa kita ada di tangan-tangan mereka," ujar Didik.

Selain itu, Didik juga menilai bahwa orang tua perlu memberikan pendampingan ekstra kepada anak-anaknya. Terlebih dengan pertumbuhan teknologi informasi saat ini, anak-anak bisa mengakses media sosial dengan lebih mudah. Dan juga bisa meniru pola serta perilaku yang ada di dalamnya. 

"Sebenarnya sebuah pola-pola perilaku terkait dengan penggunaan media sosial ini menjadi penting karena ini tidak bisa dilepaskan begitu saja orang tua juga harus ikut mengawasi," jelas Didik.

Dirinya juga menyebut bahwa orang tua juga harus mampu mengendalikan pengetahuan yang didapat oleh anak-anaknya. Sebab di satu sisi, teknologi juga menjadi salah satu solusi yang diberikan orang tua kepada anaknya saat sang orang tua sedang dalam aktifitas.

"Karena terkadang ini pemicunya kan orang tua. Jadi orang tua pengen santai. Akhirnya anaknya diberikan permainan ini, nah padahal permainan yang ditawarkan adalah permainan yang tidak mendukung dan menunjang pertumbuhan dan perkembangan psikologi anak. Maka edukasi terhadap orang tua penting, sehingga nanti transfer knowledge orang tua kepada anak itu menjadi sesuatu yang lebih penting," jelas Didik.

Sebagai informasi, pada gelaran Malang Regency Ekskul Vaganza 2022 ini terdapat sejumlah rangkaian acara. Pertama, Dialog dengan tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju' yang dihadiri oleh pembicara dan moderator dari Kabupaten Malang

Kemudian ada, spesial performance by talent hingga deklarasi Suara Anak Kabupaten Malang yang dibacakan oleh Laskar Anak.

Terakhir ada penampilan peserta dan pengumuman pemenang lomba kreasi majalah dinding, lomba mencari bakat, lomba menggambar poster dan lomba cipta menu bakal lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru