Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

KIB Diprediksi Bakal Merapat ke PDIP untuk Lawan NasDem, Bagaimana PKB dan Gerindra?

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Jul - 2022, 13:26

Prabowo Subianto dan Cak Imin (Foto: Instagram)
Prabowo Subianto dan Cak Imin (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - PKB dan Gerindra membangun koalisi menuju Pilpres (Pemilihan Presiden)  2024. Namun, PKB dan Gerindra diprediksi memiliki skenario lain untuk bertarung pada Pemilu 2024 mendatang. 

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Awalnya Adi mengatakan arah koalisi PKB dan Gerindra memang agak rumit diprediksi. "Itu yang agak rumit dibaca. Kemungkinan ada dua," kata Adi.

Adi menyebut dua kemungkinan arah koalisi PKB dan Gerindra pada 2024. Skenario pertama, yaitu PKB dan Gerindra tetap hanya akan maju berdua untuk menduetkan Prabowo Subianto dan Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Sedangkan skenario kedua, PKB dan Gerindra akan bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diinisiasi Golkar, PPP, PAN. Kemungkinan PDI Perjuangan (PDIP) juga masuk koalisi ini. Jika memang demikian, lantas akan hanya ada dua poros di Pemilu 2024.

Lebih lanjut, Adi melihat kecenderungan PKB dan Gerindra bergabung ke koalisi pemerintah atau skenario kedua. Di sanalah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan muncul sebagai king maker.

"Tapi, kalau melihat kecenderungannya, PKB-Gerindra akan bergabung dengan koalisi pemerintah. Jokowi jadi king maker-nya," ujarnya.

Sebelumnya, Adi memprediksi bahwa KIB  akan melebur dan berkoalisi dengan PDIP. Mereka diprediksi akan melawan NasDem pada Pemilu 2024.

Adi mengatakan skenario all Jokowi's men di 2024 tak akan terwujud karena NasDem sudah memasukkan nama Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden. Menurut dia, saat ini Anies dikenal sebagai 'orang nonkoalisi pemerintah'.

"Skenario soal 2024 adalah all Jokowi's men tidak akan terjadi karena NasDem sudah mengusung nama Anies Baswedan, orang nonkoalisional," kata Adi.

Adi menilai Jokowi akan menjadi salah satu king maker pada Pemilu 2024. Menurut dia, Jokowi akan mendukung keputusan PDIP.

Bahkan, dengan penuh keyakinan Adi mengatakan KIB bakal melebur dan berkoalisi dengan PDIP. Pasangan calon yang nantinya diusung akan melawan paslon yang dijagokan NasDem.


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni