4 Obat Radang Tenggorokan Alami Tanpa Operasi ala dr. Ema Surya Pertiwi

Jul 23, 2022 08:15
Ilustrasi (Foto: CNCR)
Ilustrasi (Foto: CNCR)

JATIMTIMES - Saat ini cuaca sedang tidak menentu. Terkadang di siang hari panas, kemudian tiba-tiba malam bisa dingin dan hujan. 

Cuaca seperti ini tentu banyak membuat seseorang saki. Bahkan ada yang batuk, pilek hingga radang tenggorokan. 

Gejala sakit tenggorokan adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas kita. Bahkan parahnya lagi ada yang sampai sulit berbicara karena sakit radang tenggorokan. 

Selain itu, sakit radang tenggorokan biasanya juga akan merasakan gatal di bagian tenggorokan, terdapat nyeri menelan saat kalian minum air maupun menelan makanan.

Bisa juga menyebabkan suara serak dan demam.

Biasanya radang tenggorokan bisa menghilang antara 1 sampai 2 minggu.

Oleh sebab itu, untuk meringankan gejala dari radang tenggorokan (amandel) berikut ini cara alaminya yang dikutip dari channel YouTube emasuperr yang dijelaskan oleh dr. Ema Surya Pertiwi, Sabtu (23/7/2022). 

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam bisa jadi salah satu cara meredakan radang tenggorokan. Kita bisa menyeduh satu sendok makan garam dengar satu cangkir air hangat. 

Lakukan kumur-kumur 3-4 kali perhari. Hal itu dilakukan agar mengurangi pembengkakan dan sebagai antiseptik alami pada mulut kita.

2. Campuran air lemon dan madu

Bisa juga mencampur perasan air lemon atau jeruk nipis dengan satu sendok makan madu dalam satu cangkir air hangat. Kemudian diminum sekitar 2 sampai 3 kali perhari.

Kandungan astringent pada lemon dan antiseptik pada madu sangat berguna untuk mengurangi peradangan atau infeksi bakteri pada tenggorokan kita.

3. Kayu Manis

Kita juga bisa menggunakan kayu manis untuk mengobati amandel. Caranya yaitu tambahkan kayu manis pada teh maupun kopi setiap kalian minum.

Minuman hangat kandungan antimikroba pada kayu manis ini, sangat ampuh untuk mengurangi radang maupun mencegah infeksi pada tenggorokan (amandel) kita.

4. Daun pecut kuda

Daun pecut kuda merupakan salah satu resep yang paling ampuh. Kalian bisa temukan di sawah maupun di pinggir jalan secara bebas atau bisa kalian beli di toko obat cina.

Caranya juga sangat mudah, ambil 7 sampai 9 lembar daun pecut kuda lalu kalian rebus dengan 1 cangkir air selama 2-3 menit.

Setelah itu, airnya kalian minum sekitar 3 sampai 4 kali per hari. Kalau rasanya tawar seperti minum teh dan kalian tidak suka, kalian bisa menambahkan madu maupun gula agar air daun pecut kuda lebih enak untuk dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru