Yuk Waspada, Kolesterol Tinggi Ternyata Bisa Membuat Gangguan Pengelihatan

Jul 21, 2022 08:26
Mata. (Foto: klikdokter)
Mata. (Foto: klikdokter)

JATIMTIMES - Biasanya kolesterol tinggi membuat tangan dan kaki mudah kesemutan. Namun, diketahui juga bahwa  kolesterol tinggi juga berdampak pada kesehatan mata.

Kolesterol adalah sejenis lemak yang dibutuhkan tubuh. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Beberapa gejala kolesterol tinggi dapat mengubah tampilan mata atau area di sekitar mata kalian. Bahkan, penglihatan juga bisa terganggu saat kadar kolesterol sedang tinggi.

 Berikut bentuk gangguan mata ketika kolesterol tinggi:

1. Xanthelasma

Gejala mata yang paling umum saat kolesterol tinggi adalah xanthelasma. Dikutip dari Very Well Health, xanthelasma ditandai dengan adanya plak berwarna kekuningan yang timbul di dekat sudut mata dekat hidung.

Xanthelasma terjadi karena penumpukan kolesterol di bawah kulit. Meski demikian, xanthelasma tidak memengaruhi penglihatan kalian. Sekitar setengah dari orang dengan xanthelasma memiliki kolesterol tinggi.

Namun, xanthelasma tidak hanya jadi ciri-ciri kolesterol tinggi pada mata. Tetapi ada juga orang yang  berpotensi mengalami xanthelasma karena penyakit jantung, kegemukan, pankreatitis, merokok, dan peminum berat.

2. Arcus Senilis

Arcus senilis disebut juga sebagai arkus kornea. Kondisi ini ditandai dengan adanya cincin atau lingkaran putih keabu-abuan yang berkembang di pinggiran kornea.

Dikutip Cleveland Clinic, lingkaran itu merupakan hasil dari timbunan kolesterol di mata. Meski demikian, kehadiran lingkaran itu tak mengganggu penglihatan.

3. Plak Hollenhorst

Plak hollenhorst adalah plak yang menyumbat di salah satu pembuluh darah dalam mata. Plak ini bisa menyebabkan konsekuensi yang lebih parah untuk penglihatan.

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan aterosklerosis. Nama terakhir merupakan kondisi saat plak menumpuk di dinding pembuluh darah dan membatasi aliran darah.

Plak pecah dan menyumbat pembuluh darah di retina mata. Kondisi ini dapat menyebabkan oklusi arteri retina cabang, yang dapat mengakibatkan masalah dengan penglihatan Anda atau bahkan kehilangan penglihatan.

Karena itu, kalian perlu hati-hati supaya penglihatan tidak hilang gara-gara kolesterol tinggi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru