Tertib Ukur untuk Perlindungan Konsumen, Diskopindag Kota Malang Gencar Sosialisasi Kemetrologian

Jul 20, 2022 16:12
Kegiatan Tera di Pasar Rakyat Kota Malang (Doc MalangTIMES)
Kegiatan Tera di Pasar Rakyat Kota Malang (Doc MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terus gencar menyosialisasikan perihal kemetrologian kepada para pedagang. Hal ini tentu dalam rangka mewujudkan tertib ukur, sehingga kebenaran alat pengukur dapat terjamin bagi pelaku usaha dan konsumen.

"Kami selalu gencar menyosialisasikan itu, misalnya dalam kegiatan Sekolah Pasar Pedagang Cerdas (Sepapas Pedas) atau kegiatan lainnya," ungkap Kepala Bidang Perdagangan Diskopindag Kota Malang, Sapto Wibowo.

Melakukan tera ulang, tentunya merupakan kewajiban pedagang yang memanfaatkan alat pengukur atau alat timbang. Hal ini agar takaran yang diberikan sesuai dengan takaran yang seharusnya. Sehingga, hal ini juga menjadi bentuk pelayanan prima dari para pedagang.

"Para pedagang ada kewajiban untuk mentera ulang. Agar takarannya pas," ungkap Sapto. 

Bilamana alat pengukur yang tak sesuai, namun tetap digunakan dalam melakukan pelayanan terhadap konsumen, tentunya hal tersebut akan merugikan konsumen. Selanjutnya, tentu akan ada konsekuensi hingga konsekuensi hukum.

"Kalau tidak pas, tentu saja ada konsekuensinya. Kan sudah ada aturan yang mengatur itu, ini kan terkait bagaimana perlindungan konsumen," tuturnya.

Lebih lanjut, Sapto menjelaskan, jika Diskopindag Kota Malang melalui UPT Kemetrologian rutin melaksanakan kegiatan Tera di semua pasar Rakyat Kota Malang. Kegiatan Tera ini rutin dilaksanakan setahun sekali. 

"Setiap Tera ya berlakunya setahun," ujarnya.

Timbangan di Tera mulai dari alat, pemberatnya hingga perlengkapan lain juga terkait alat ukur dilakukan Tera. Sehingga bilamana nanti mungkin terdapat kerusakan, keausan dan hal yang lainnya, nanti dilakukan perbaikan.

"Tidak hanya di pasar-pasar, kegiatan Tera ulang dilakukan, juga menyasar tiap kelurahan, agar memudahkan masyarakat yang ingin melakukan Tera," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru