Bebas Asam Urat Segala Usia dengan Tips dari dr. Zaidul Akbar, Apa Itu?

Jul 19, 2022 07:22
Ilustrasi asam urat (Foto: The Irish Sun)
Ilustrasi asam urat (Foto: The Irish Sun)

JATIMTIMES - Penggagas buku kesehatan Rasulullah SAW dr. Zaidul Akbar kali ini  membeberkan tips mencegah asam urat di usia muda. Menurut dr. Zaidul Akbar tips mencegah asam urat di usia muda ini sangatlah mudah.

Adapun tips mencegah asam urat di usia muda, adalah dengan rutin melaksanakan puasa.

"Salah satu yang terbaik untuk mengobati asam urat adalah dengan puasa," ujar dr. Zaidul Akbar.

Lebih lanjut dia menerangkan, puasa adalah tips terbaik untuk mencegah asam urat di usia muda. Sebab dengan puasa, tubuh bisa memproses keasaman yang disebabkan makanan yang sudah dikonsumsi.

Selain dengan puasa, tips mencegah asam urat di usia muda yaitu dengan mengurangi konsumsi makanan yang bersifat asam.

"Makanan-makan yang bersifat membentuk asam di badan itu dikurangi salah satu contohnya ya tepung, gula ya makanan olahan," kata dr. Zaidul Akbar dikutip dari akun Instagram pribadinya Selasa (18/7/2022). 

Dilansir pula melalui laman resmi Kementerian Kesehatan, berikut ini ciri-ciri asam urat:

1. Nyeri sendi tak tertahankan di bagian sendi. Seperti di pergelangan kaki, lutut, pergelangan kaki, siku, dan jari tangan. 

2. Muncul bengkak disekitar sendi.

3. Warna kulit memerah. Saat terjadi peradangan di sendi, aliran darah akan meningkat di sana. Hal itu pun kemudian membuat warna kulit berubah memerah.  

4. Sensadi panas dingin di sendi. Kondisi ini pada kenyatannya bisa menjangkit segala usia, termasuk kalangan muda usia 20 tahunan.  

Sensasi panas atau hangat di persendian  tidak lain adalah efek dari proses peradangan akibat kristal yang terbentuk di sendi-sendi. 

5. Ada benjolan atau tophi

Jika seseorang terlambat atau tidak mengobati penyakit asam urat bisa menjadi kronis. Benjolan keras yang disebut tophi akhirnya berkembang di persendian dan kulit serta jaringan lunak yang mengelilinginya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru