Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

PBNU dan Jusuf Hamka Akan Dampingi Korban Pelecehan Seksual Siswa SPI Kota Batu

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Lazuardi Firdaus

18 - Jul - 2022, 22:31

Jusuf Hamka saat bersama dua korban pelecehan dan kekerasan seksual siswa sekolah SPI Kota Batu (foto: istimewa)
Jusuf Hamka saat bersama dua korban pelecehan dan kekerasan seksual siswa sekolah SPI Kota Batu (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyoroti kasus pelecehan dan kekerasan seksual terhadap siswa Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI) Kota Batu. Dalam hal ini, mereka akan hadir langsung dalam sidang penuntutan.

Ketua PBNU Bidang Keagamaan, KH Ahmad Fahrur Rozi menegaskan bahwa pihaknya akan datang pada sidang penuntutan kasus kekerasan seksual siswa Sekolah SPI, Kota Batu. Karena menurutnya, korban harus mendapatkan pendampingan.

“Tanggal 20 Juli akan ada sidang penuntutan, rencanannya kita akan turun langsung melihat jalannya persidangan itu,” tegas KH Ahmad Fahrur Rozi, Senin (18/7/2022).

Sementara itu, pengusaha muslim Tionghoa yang juga menjabat Ketua PBNU, Muhammad Jusuf Hamka atau yang akrab disapa Babah Alun dalam laman Instagram pribadinya menuliskan siap mendampingi korban sekolah SPI, Kota Batu.

Dilihat dari halaman Instagram Babah Alun, tampak dua orang perempuan yang menjadi korban tindak pidana asusila di Batu, Malang, Jawa Timur, disambut Jusuf Hamka di Kantor Masjid Babah Alun Desari, Cilandak, Jakarta Selatan pada 13 Juli 2022 lalu.

Di situ, Babah Alun juga menuliskan sebuah caption dimana ada dua korban berasal dari Madiun dan Kutai Barat. Bahkan, Babah Alun siap untuk menerjunkan lawyer agar kasus tersebut segera terang di mata hukum.

“Tadi kami sudah bicara dengan lawyer. Kami  semua prihatin. Dan lawyer terbaik akan mengawal kamu semua. Lawyer yang mengawal kalian Pak Lucas SH.MH. Nggak usah khawatir, kami akan bersama kalian semua,” kata Jusuf Hamka pada dua orang korban pencabulan.

Menanggapi hal itu, Gus Fahrur pun membenarkan bahwa Jusuf Hamka akan hadir langsung pada sidang di PN Malang. Bahkan, Gus Fahrur siap untuk mendampingi Babah Alun untuk mengawal kasus tersebut.

“Saya sendiri jika tidak berhalangan rencananya akan datang menemani Pak Jusuf Hamka, karena kita sama-sama memiliki kepedulian terhadap kasus kejahatan ini,” ujar Gus Fahrur.

Menurut Gus Fahrur, PBNU akan selalu bersama masyarakat untuk mencegah tindakan kekerasan seksual. Karenanya, pihaknya juga berharap masyarakat peduli terhadap korban yang mengalami kasus tersebut.

“Kita kawal bersama kasus kejahatan pelecehan seksual di SMA SPI, Batu ini. Kita mendukung pemerintah menegakkan hukum yang berkeadilan,” tegas Gus Fahrur.

Gus Fahrur pun menilai bahwa kasus kekerasan seksual harus ditangani secara serius. Dan pihaknya meminta kepada pemerintah dan penegak hukum agar tegak secara hukum kepada siapa saja.

“Kasus pelecehan seksual harus ditangani secara serius, agar bisa memutus mata rantai dan selanjutnya mencegah terjadinya kembali pelecehan seksual yang terjadi di mana saja,” Gus Fahrur mengakhiri.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Lazuardi Firdaus