Malangtimes

Viral, Pernyataan Ustaz Adi Hidayat Terkait Kapitan Pattimura

Jul 18, 2022 16:10
Pattimura (Foto: IST)
Pattimura (Foto: IST)

JATIMTIMES - Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan tentang Ustaz Adi Hidayat yang mengunggap tentang sosok Kapitan Pattimura. Dalam ceramahnya, Ustaz Adi Hidayat menyebut bahwa Pattimura adalah seorang muslim. 

Bahkan, nama asli Pattimura bukanlah Thomas Matulessy, melainkan Mat Lussy. Namun pernyataan Ustaz Adi Hidayat itu mendapat bantahan dari pemilik akun TikTok @pamitnyangantor. 

Dalam video yang diunggah pada Jumat (15/7/2022) lalu, akun tersebut mengatakan bahwa seluruh masyarakat telah dikelabui oleh Ustaz Adi Hidayat soal sosok Pattimura.

"Kenapa kita bisa dikelabui Ustaz Adi Hidayat? Jika yang mengatakan teori aneh ini bukan Ustaz Adi Hidayat mungkin peng-Kristenan pahlawan nasional bakal jadi percakapan warung kopi biasa," ujar akun @pamitnyangantor. 

Ia lalu mengatakan bahwa ucapan yang keluar dari mulut orang saleh seperti Ustaz Adi Hidayat memiliki makna dan tak bisa disebut ucapan biasa. Alasan itulah yang dinilai pemilik akut tersebut, membuat masyarakat percaya dengan ucapan Ustaz Adi Hidayat tentang sosok Pattimura.

"Sejak penyerangan yang mengakibatkan terbunuhnya Residen Van de Berg di tahun 1817, banyak sekali orang yang berusaha menjadi "orang dekat" Kapitan Pattimura," lanjut akun tersebut. 

Kedekatan itu mulai dari sisi nama, silsilah keluarga, ahli waris hingga asal daerah sang kapitan. Namun dari sekian banyak klaim yang muncul, meski dimengerti semua klaim itu tak sepenuhnya berangkat dari ketulusan dan kejujuran semua klaim itu tak ada yang berbeda dari satu hal. 

"Sang kapitan yang melakukan penyerangan itu tidak lain adalah Thomas Matulessy dan dia seorang Kristen," tegas akun tersebut.

Tak ayal, unggahan itu lantas menarik perhatian warganet. Banyak yang membela Ustaz Adi Hidayat lantaran ada seseorang yang lebih dulu mengatakan bahwa Pattimura adalah seorang muslim.

@Belihp indonesia: "yok tabayun... InsyaAllah ustad Adi terbuka dengan hal ini."

@him: "jauh sebelum ust adi hidayat
sdh ada yang menjelaskan."

@arie hidayat: "gue sih lebih percaya UAH.."

@hendrayani017: "tetap percaya Ulama...UAH,,,"

@Khodijah: "thn 1999 sdh pernah dengar ini, jd bkn ust.Adi yg membuat."

Sementara, sebelum Ustaz Adi Hidayat ada seorang sejarahwan yang lebih dulu mengatakan bahwa Pattimura adalah muslim yang memiliki nama "Mat Lussy."

Dalam bukunya berjudul "Api Sejarah" (2009), Mansyur menyatakan bahwa nama asli Pattimura ialah Ahmad Lussy atau dalam bahasa Maluku disebut juga "Mat Lussy."

Menurut dia, Pattimura adalah seorang bangsawan dari Kerajaan Islam Sahulau yang saat itu diperintahkan oleh Sultan Abdurrahman. Sultan Abdurrahman sendiri juga dikenal dengan julukan Sultan Kasimillah (kasim Allah/asisten Allah) dalam bahasa Maluku disebut juga Kasimiliali.

Sedangkan, buku “Sejarah Perjuangan Pattimura” karya M Sapija menyebutkan bahwa Pattimura
tergolong keturunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Dalam historiografi Indonesia modern, Pattimura disebutkan punya nama asli Thomas Matulesy.

Misal saja di buku Sejarah Nasional Indonesia jilid Ke-4. Namun buku yang terbit pada era Orde Baru itu tidak menjelaskan apa agama Pattimura.

Maka wajar saja bila ada anggapan nama ‘Thomas’ khas budaya Eropa atau terpengaruh Kristen, sehingga yang bersangkutan dianggap beragama Nasrani. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru