Libur Sekolah, PKL Alun-Alun Kota Batu Banjir Rejeki Peningkatan Capai 80 Persen

Jul 17, 2022 17:44
Suasana di area PKL Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Suasana di area PKL Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Perekonomian masyarakat mulai terasa meningkat dengan adanya libur sekolah. Terbukti pedagang kaki lima di kawasan Alun-Alun Kota Batu mengalami imbasnya.

Apalagi saat libur panjang Alun-Alun Kota Batu kerap menjadi sasaran wisatawan dari dalam kota maupun luar kota. Tentunya hal ini menjadi rejeki tersendiri bagi PKL di Alun-Alun Kota Batu.

Mengingat dua tahun sudah para PKL terpuruk lantaran sederet kebijakan pandemi Covid-19. Mulai dari terbatasnya waktu mereka berjualan saat itu, hingga sepinya konsumen di seputaran Alun-Alun Kota Batu.

Ketua Paguyuban PKL Alun-alun Kota Batu Puspita Herdi Sari mengatakan, perekonomian mulai kembali pulih. Hal tersebut ditengarai dengan meningkatnya daya beli wisatawan di kawasan Alun-Alun Kota Batu.

Penghasilan mulai terasa meningkat selama libur sekolah berlangsung. “Sejak libur sekolah ini ada peningkatan penghasilan bagi PKL yang ada di sini (Alun-Alun Kota Batu),” ungkap Puspita, Minggu (17/7/2022).

Perempuan yang akrab disapa Pipit ini mengaku peningkatan itu terasa mencapai 80 persen dari hari biasanya.

“Selama libur sekolah ini peningkatan rata-rata setiap PKL bisa mencapai 80 persen. Dan ini bener-bener merasakan mulai kembali normal," imbuh Pipit. Dengan peningkatan ini tentunya para PKL sangat bersyukur perekonomian mulai pulih.

Hanya saja berakhirnya libur sekolah ini Pipit berharap peningkatan tetap terjadi. “Meskipun hari ini (Minggu) terakhir libur sekolah semoga tetap ramai,” harap Pipit.

Sedang, area PKL Alun-Alun Kota Batu menjadi salah satu tempat kuliner wisatawan dari berbagai daerah. Sebab di sana menyajikan beragam makanan ringan hingga berat, minuman, jajanan, dan oleh-oleh.

Bahkan jajanan kekinian juga ada di sana. Jadi bagi wisatawan yang berwisata ke Alun-Alun Kota Batu tak lupa untuk singgah menyicipi makanan dan minuman di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru