Masyarakat Diimbau Tetap Disiplin Masker, Bupati Sanusi: Saya Siap Keluarkan Surat Edaran

Jul 13, 2022 18:58
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Bupati Malang, HM. Sanusi mengimbau agar masyarakat bisa tetap menggunakan masker dalam aktivitasnya sehari-hari. Terutama bagi masyarakat yang masih beraktivitas di luar ruangan. Meskipun saat ini, kasus Covid-19 terbilang sudah melandai.

Sanusi mengatakan, hal itu juga sebagai tindak lanjut atas imbauan Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jawa timur, Khofifah Indar Parawansa agar masyarakat bisa kembali berdisiplin dalam penggunaan masker. Selain itu, jika memang diperlukan, pihaknya juga siap untuk mengeluarkan surat edaran (SE) terkait imbauan tersebut.

"Saya berharap masyarakat kembali disiplin menggunakan masker, sesuai intruksi Presiden dan Gubernur Jawa Timur. Kami akan menunggu Inmendagri. Kalau ada, nanti kita akan mengeluarkan surat edaran kembali," ujar Sanusi, Rabu (13/7/2022).

Saat ini, dikutip dari laman satgacovid19.malangoab.go.id, kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Malang tercatat ada sebanyak 12 kasus per 13 Juli 2022. Dari jumlah tersebut, 9 di antaranya diketahui sebagai kasus baru. Dan tercatat ada sebanyak 5 orang yang dinyatakan sembuh 13 Juli 2022.

Untuk itu, selain penggunaan masker, dirinya juga mengimbau agar masyarakat tetap bisa menerapkan protokol kesehatan (prokes). Seperti mencuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan.

Selain itu, sebagai bentuk antisipasi, dirinya juga berharap bahwa vaksinasi tetap digenjot hingga dosis ketiga atau dosis booster. Berdasarkan data yang dihimpun, saat ini secara umum capaian vaksinasi di Kabupaten Malang sudah mencapai 87,92 persen.

Rinciannya, dari target vaksin sebanyak 2.078.406, saat ini sudah ada sebanyak 1.614.650 yang sudah divaksin hingga dosis kedua. Dan baru ada sebanyak 295.690 yang sudah divaksin hingga dosis ketiga. Sedangkan untuk vaksinasi bagi lansia, sudah mencapai 53,72 persen hingga dosis kedua.

Sementara itu sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan agar seluruh seluruh masyarakat mengenai pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Ia menekankan soal pentingnya memakai masker. Pernyataan tersebut disampaikan saat setelah menunaikan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Minggu (10/7/2022) lalu.  Presiden Joko Widodo mengatakan pemakaian masker masih menjadi sebuah keharusan

"Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semuanya bahwa COVID masih ada.Oleh sebab itu, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, memakai masker adalah masih sebuah keharusan," ujar Joko Widodo dikutip dari detik.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru