Kolaborasi dengan Berbagai Pihak, Wawali Sofyan Edi Gencarkan Penanaman Pohon

Jul 13, 2022 16:48
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menanam dan menyiram salah satu bibit pohon yang ditanam di kawasan pintu masuk Tol Malang atau Madyopuro, Rabu (13/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat menanam dan menyiram salah satu bibit pohon yang ditanam di kawasan pintu masuk Tol Malang atau Madyopuro, Rabu (13/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus melakukan kolaborasi dan aksi nyata dengan berbagai instansi maupun kelompok masyarakat untuk menjaga serta melestarikan lingkungan. 

Dalam upaya menjaga dan melestarikan tersebut, Pemkot Malang kerap kali bekerja sama dengan berbagai kelompok masyarakat untuk melakukan penanaman bibit pohon. 

Terbaru, Pemkot Malang bersama SMKN 6 Malang dan PT Jasamarga sebagai pengelola tol Malang atau Madyopuro melakukan penanaman pohon di pintu masuk dan exit tol Malang atau Madyopuro. 

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengatakan kerja sama ini terwujud dari kolaborasi yang sudah terjalin selama kurang lebih tiga tahun antara Pemkot Malang, SMKN 6 Malang dengan Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) Kota Malang untuk gerakan penanaman pohon. 

"Tahun ini rupanya (gerakan menanam pohon) bersama dengan Jasamarga (Tol Pandaan-Malang) yang turut serta karena ada kawasan-kawasan yang memang berada di bawah kewenangan Jasamarga, akhirnya kita berkolaborasi," ungkap pria yang akrab disapa Bung Edi kepada JatimTIMES.com, Rabu (13/7/2022). 

Gerakan menanam pohon ini juga bersamaan dengan momentum Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMKN 6 Malang. Bung Edi memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas gerakan pelestarian lingkungan dengan melibatkan para remaja di sekolah-sekolah Kota Malang. 

"Bayangkan kalau SMK se-Malang atau SMP se-Malang, setiap penerimaan siswa baru syaratnya bawa pohon untuk shodaqoh oksigen, dan itu akan lebih dahsyat lagi kalau setiap mahasiswa baru yang masuk ke Kota Malang, di Perguruan Tinggi itu syaratnya bawa pohon, apalagi kalau dari daerahnya masing-masing," terang Bung Edi. 

Pejabat Pemkot Malang yang terkenal aktif di berbagai organisasi ini juga menuturkan, bahwa terkadang banyak masyarakat yang seringkali melakukan hal-hal besar namun lupa dengan hal-hal kecil yang berdampak besar ke depannya. 

"Sebaiknya kita lakukan hal kecil namun memiliki dampak yang lebih besar lah. Tanam pohon, spiritnya untuk kebaikan alam semesta," tandas Bung Edi. 

Sementara itu, Kepala SMKN 6 Malang Sidik Priyono mengatakan, bahwa kegiatan membawa dan menanam bibit pohon untuk siswa baru merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan SMKN 6 Malang untuk melestarikan lingkungan. 

Terlebih lagi, saat ini SMKN 6 Malang termasuk dalam sekolah adiwiyata mandiri dan menuju Asian Go, sehingga diperlukan peran serta dari para siswa dan stakeholder terkait. Alhasil terwujudlah penanaman bibit pohon di area pintu masuk Tol Malang atau Madyopuro. 

"Kita dapat bantuan dari Wawali, yang selaku penasehat HPAI Malang dan penggiat lingkungan hidup nasional sebanyak 200 pohon, ditambah dari setiap anak yang membawa satu pohon, ada 864 karena kita menerima sebanyak itu," pungkas Sidik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru