Idul Adha, Rumah Sedekah NU: Berkurban Jadi Ujian Kecintaan Manusia terhadap Harta

Jul 13, 2022 12:33
Proses pemotongan hewan kurban di Rumah Sedekah NU setelah disembelih.
Proses pemotongan hewan kurban di Rumah Sedekah NU setelah disembelih.

JATIMTIMES - Rumah Sedekah NU merayakan Idul Adha 1443 H dengan turut melakukan penyembelihan hewan kurban, Senin (11/7/2022). Ada  2 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang disembelih. Hewan kurban yang disembelih ini berasal dari mitra Rumah Sedekah NU. 

"Rumah Sedekah melakukan penyembelihan hewan kuban. Dari Pak Haji Agus, Pak Haji Joni, Bu Rini, Bu Rahma. Pertama tentu kami ucapkan terima aksih dan kami salurkan. Setelah diproses pengolahan setelah disembelih, akan disalurkan kepada mereka yang berhak," ujar inisiator Rumah Sedekah NU Noor Shodiq Askandar. 

Pria yang akrab disapa Gus Shodiq ini mengatakan bahwa penyembelihan ini merupakan satu bentuk keimanan terhadap Allah SWT. Yakni menjalankan salah satu sunah yang diutamakan dalam Islam. Berkurban dilakukan dengan menyisihkan sebagian rezeki untuk dibelikan hewan kurban, disembelih dan dibagikan kepada yang berhak. 

Inisiator Rumah Sedekah NU, Noor Shodiq Askandar saat memantau proses penyembelihan.

Seperti yang diketahui, penyembelihan hewan kurban juga telah disampaikan melalui kisah Nabi Ibrahim yang diperintah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Melihat ketulusan Nabi Ibrahim untuk menjalankan perintah Allah saat itu, Nabi Ismail pun diganti dengan seekor domba. 

"Ini mengajarkan kepada kita, yang pertama harta bukan milik kita semua karena harta harus disalurkan kepada mereka yang berhak, termasuk melalui kurban ini," terang Gus Shodiq.

Yang kedua, Gus Shodiq memaknai penyembelihan hewan kurban  merupakan bentuk ujian tentang kecintaan manusia terhadap harta. Menurut dia, jika seorang manusia terlalu mencintai harta, maka akan terasa berat untuk mengeluarkan sebagian hartanya untuk dibelikan hewan kurban. 

Proses penyembelihan hewan kurban di Rumah Sedekah NU.

"Tapi bagi mereka yang (menganggap) harta adalah amanat dan bagian dari ujian Allah, maka tidak akan terlalu berat untuk mengeluarkan sebagian rezeki untuk dibelikan hewan kurban dan kemudian didistribusikan kepada mereka-mereka yang membutuhkan, yang menginginkan, dan berkekurangan," jelas Gus Shodiq. 

Usai penyembelihan, dilakukan pengolahan mulai dari pemotongan hingga penimbangan. Lalu, tim Rumah Sedekah NU menyalurkannya kepada masyarakat yang berhak menerima. Mulai dari warga sekitar yang membutuhkan, pondok-pondok pesantren, panti asuhan, ulama dan para ustad, serta aktivis sosial.

Untuk diketahui, Rumah Sedekah NU memiliki mitra-mitra pengusaha seperti JatimTIMES, NK Cafe, Warung Kasemo, The Sultan Croffle, Ayam Goreng Nelongso. Masih banyak lagi mitra  yang konsisten berbagi bersama Rumah Sedekah NU.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru