PMM Kelompok 39 Universitas Muhammadiyah Malang : “Sosialisasi dan Edukasi Tentang Manfaat Literasi Kepada Anak – Anak Di Panti Asuhan Darul Jundi”

Jul 13, 2022 12:28

JATIMTIMES - Malang, 11 juli 2022 ,dampak dari penyebaran covid-19 kegiatan yang biasa dilakukan oleh mahasiswa/i di sela semester berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tidak bisa dilaksanakan karena adanya dampak dari covid -19 tersebut. Oleh sebab itu dari pihak Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) memberikan keringanan yaitu berupa tawaran kegiatan pengganti kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sebagai kegiatan KKN, kegiatan tersebut berupa Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM). 

Pengabdian Kepada Masyarakat yang Dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang merupakan serangkaian kegiatan yang bisa dilakukan secara berkelompok yang bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang berlaku sebagai bentuk Darma Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh kelompok 39 Bhaktiku Negri gelombang 5 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juni samapai dengan 6 Juli 2022. 

Dalam rangkaian kegiatan ini PMM kelompok 39 Bhaktiku Negri beranggotakan 5 orang yaitu Alfida Rahmawati Wibowo sebagai koordinator, dan ada yang beranggotaan Isnawatun Sabrina, Puteri Febriana Nevita, Citra Surya Prameswari, dan St. Nur Izzah As-Syifa M. Serta ibu Merinda Lestady, S.Kom, M.T selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Kelompok kami melakukan sosialisasi tentang manfaat literasi dan menulis cerita di Panti Asuhan Darul Jundi, Rampal. 

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Pendidikan literasi merupakan hal yang penting pada anak – anak terutama pada anak usia dini. Karena literasi dinilai dapat membuat anak menjadi lebih cerdas secara akademik, serta memiliki pola piker yang kritis dan logis. Tujuan utama dari adanya literasi sebenarnya tidak hanya mengacu pada membaca dan juga menulis, melainkan kemampuan yang setiap individu dapat menggunakan segala potensi dan keterampilan yang dimilikinya. 

PMM kelompok 39 Bhaktiku Negri tidak hanya memberikan sosialisasi kepada anak – anak yang berada di Panti Asuhan Darul Jundi, tetapi juga mengajak mereka untuk melalukan literasi yang berlangsung selama 30 menit. Dalam kegitatan tersebut kami juga mengedukasi tentang pentingnya cara menanamkan budaya literasi sejak dini pada diri mereka. Kemudian kegiatan selanjutnya yaitu, kami membagikan bingkisan yang bertujuan sebagai pendukung semangat anak-anak agar dapat lebih baik dalam memahami makna dari literasi.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru