Warga Sukarela Hibahkan Sebagian Tanah, Sukseskan Pembangunan Jalan Tembus Sisir-Temas-Pandanrejo

Jul 12, 2022 19:21
Pembangunan jalan tembus Sisir – Temas – Pandanrejo, Kota Batu.
Pembangunan jalan tembus Sisir – Temas – Pandanrejo, Kota Batu.

JATIMTIMES - Komisi C DPRD Kota Batu meninjau lokasi pembangunan jalan tembus Sisir – Temas – Pandanrejo, Kota Batu, Selasa (12/7/2022). Dipastikan, pembangunan jalan tembus ini bakal rampung pada tahun 2022 ini.

Kabid Bina Marga DPUPR Kota Batu, Eko Setiawan mengatakan, ada dua paket pembangunan jalan tembus. Pertama Sisir – Pandanrejo memiliki panjang 590 meter dan lebar ada yang 7 meter dan 4 meter. Anggaran yang disiapkan Rp 4,7 miliar.

Untuk jalan tembus Sisir – Temas memiliki panjang 435 meter dengan lebar 5 meter. Anggaran yang disiapkan Rp 2,6 miliar. “Paket pembangunan jalan tembus ini sudah naik lelang di LPSE,” ucap Eko.

Direncanakan pengerjaan akan dimulai pada bulan Agustus mendatang selama 12 hari. Sebab dengan hadirnya jalan tembus mendukung laju pertumbuhan ekonomi dan pendukung konektifitas antar wilayah.

“Apalagi jalan tembus ini masuk dalam rencana prioritas daerah,” tambah Eko.

Sementara itu Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat menambahkan, jalan tembus ini sangat penting untuk mendukung perekonomian warga sekitar. Ditambah dengan infrastuktur tersebut diharapkan semua sektor, khususnya pertanian dan sektor pariwisata menuju desa wisata dan wisata buatan bisa kembali bergairah.

“Ada kelebihan dalam jalan tembus ini yaitu pembangunan berbasis partisipasi masyarakat,” ungkap Alfi. Ya untuk menyukseskan jalan tembus ini masyarakat memberikan dukungan dengan menghibahkan sebagian aset tanahnya.

“Masyarakat menghibahkan sebagian tanahnya dengan sukarela,” imbuh Afi.

Sedang Ketua Komisi C DPRD Kota Batu, Khamim Tohari mendukung penuh pembangunan jalan tembus tersebut. Sebab selain mendukung perekonomian juga bisa menjadi solusi memecah kemacetan lalu lintas pada simpang Bendo dari arah Kecamatan Karangploso.

“Bisa jadi pemecah kemacetan di tengah kota. Kami juga berterima kasih ke warga Sisir, Temas, Pandanrejo yang sudah menyukseskan pembangunan ini dengan sukarela menghibahkan sebagian tanahnya,” ujar Khamim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru