Dua Hari Besok Kota Batu Bakal Diguyur Hujan, Yuk Waspada

Jul 12, 2022 15:17
Update BMKG Peringatan dini 3 harian. (Foto: info bmkg juanda)
Update BMKG Peringatan dini 3 harian. (Foto: info bmkg juanda)

JATIMTIMES - Selama dua hari pada Selasa (12/7/2022) siang hingga sore hari dan Rabu (13/7/2022) pagi hari Kota Batu diprediksi bakal diguyur hujan. Hujan yang akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Hal tersebut sesuai dengan informasi yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Karena itu, warga diminta mewaspadai adanya potensi bencana saat Kota Batu dilanda hujan.

“Warga kami minta waspada saat turun hujan pada kawasan rawan banjir. Karena potensi banjir pada level waspada,” ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Meski demikian, hujan diperkirakan tidak turun di seluruh wilayah. Pada Selasa (12/7/2022) pagi hari, hanya di wilayah Banyuwangi. Untuk siang-sore hari di wilayah Kota Batu, Kab. Mojokerto, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Kab. Kediri, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember dan Situbondo. Malam hari di wilayah Gresik. Potensi banjir pada level waspada.

Pada Rabu (13/7/2022) Pagi hari di wilayah Bangkalan, Sampang dan Sumenep. Siang-Sore hari di wilayah Kota Batu, Kab. Malang, Kab. Mojokerto, Jombang, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Kediri, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Sampang dan Sumenep. Malam hari di wilayah Gresik, Tuban, Ngawi, Magetan, Kab. Malang, Banyuwangi dan Sumenep.

Agung menambahkan, mengantisipasi terjadinya bencana dan musibah, Pusdalops BPBD Kota Batu melaksanakan kegiatan pemantauan dan monitoring 3 kecamatan. Yakni melalui perangkat radio komunikasi Repeater VHF, internet, SMS, WA dan Call Center.

“Lalu kami juga piket Standby Force Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana 24 jam per shift 5 orang,” tambah Agung.

Selain itu, tim Reaksi Cepat BPBD Kota Batu juga monitoring rutin kawasan rawan banjir, tanah longsor dan angin kencang. Terlebih pada kawasan Kali Paron di Kecamatan Bumiaji yang kerap jadi langganan banjir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru