Malangtimes

Simak Upaya Disdikbud Kota Malang Wujudkan SP Profesional dengan Pelayanan Prima

Jul 12, 2022 13:31
Kegiatan Pembinaan Kepegawaian dan Transparansi Laporan Keuangan pada Satuan Pendidikan (SP) dilingkungan Disdikbud Kota Malang (Ist)
Kegiatan Pembinaan Kepegawaian dan Transparansi Laporan Keuangan pada Satuan Pendidikan (SP) dilingkungan Disdikbud Kota Malang (Ist)

JATIMTIMES - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang terus berupaya dalam memberikan layanan pendidikan yang prima terhadap para masyarakat. Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Satuan Pendidikan (SP) di Kota Malang, terus dibina untuk pencapaian kinerja profesional guna mewujudkan layanan prima bagi masyarakat.

Plt Sekretaris Disdikbud sekaligus Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dra Sri Handayani Wahyu Widyawati MM, mewakili Kepala Disdikbud Kota Malang, menyampaikan upaya mewujudkan ASN Profesional mewujudkan layakaan prima, salah satunya dilakukan dengan melaksanakan Kegiatan Pembinaan Kepegawaian dan Transparansi Laporan Keuangan pada Satuan Pendidikan (SP).

1

"Kegiatan ini dilaksanakan melalui bidang Sub Bagian Umum dan Kepegawaian bersama Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Inspektorat Kota Malang, (7/7/2022)," jelasnya.

Kepala BKPSDM Kota Malang Drs Totok Kasianto menyampaikan dalam paparan materi, pembinaan kepegawaian mutlak dilaksanakan secara rutin, terstruktur dan berkesinambungan. Hal ini tentunya untuk memberikan panduan perilaku bagi ASN di dingkungan Pemkot Malang, sebagai dasar penguatan budaya kerja.

2

Nilai dasar harus dimiliki dan wajib dilakukan oleh para ASN. Seperti halnya berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif.

"Dengan begitu, disiplin pegawai negeri sipil yang berkesanggupan untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan sesuai peraturan perundang-undangan, dapat terwujud dengan baik," terang Drs Totok Kasianto yang juga mantan Sekretaris Disdikbud Kota Malang.

Plt Inspektur Daerah Kota Malang, Baihaqi memaparkan dua perihal pencegahan Praktik Pungli pada Satuan Pendidikan di Pemkot serta pedoman dan batasan gratifikasi. Seluruh elemen yang ada pada satuan pendidikan, harus berkolaborasi melaksanakan transparansi tata kelola keuangan, sesuai porsi masing-masing yang diatur dalam perundang-undangan yang berlaku. 

"Dengan komunikasi, koordinasi mulai dari awal terkait penerimaan keuangan satuan pendidikan, sosialisasi rencana kerja, sekaligus pelibatan aktif warga sekolah termasuk Komite Sekolah sebagai perwujudan perwakilan orangtua siswa, ke depan akan meminimalisir permasalahan," tutur Baihaqi.

Sementara itu, kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama menghadirkan Kepala SD Negeri beserta Komite Sekolah di wilayah Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Kedungkandang. Sedangkan pada sesi kedua, diikuti Kepala SD Negeri beserta Komite Sekolah wilayah Kecamatan Lowokwaru, Klojen serta Kepala SMP Negeri se Kota Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru