Akibat PMK, Penyembelihan Sapi dan Kambing di RPH Kota Malang Turun Drastis

Jul 10, 2022 17:50
Para jagal dan tenaga kesehatan hewan saat memotong sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perumda Tunas Kota Malang, Minggu (10/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Para jagal dan tenaga kesehatan hewan saat memotong sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perumda Tunas Kota Malang, Minggu (10/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Akibat mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, di momentum Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, jumlah penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tunas Kota Malang menurun jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu. 

Direktur Perumda Tunas Kota Malang Dodot Tri Widodo mengatakan, untuk penyembelihan sapi dan kambing pada momentum Hari Raya Kurban kali ini jumlahnya masih berada di angka puluhan.

"(hewan kurban) nggak disembelih kemarin, tapi subuh tadi. Jadi terhitung (penyembelihan) hari ini semua, sapi 38 ekor dan kambing 36 ekor," ungkap Dodot kepada JatimTIMES.com, Minggu (10/7/2022).

Menurutnya, jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah hewan ternak yang disembelih di RPH Perumda Tunas Kota Malang di momentum Hari Raya Idul Adha kali ini berkurang.

"Sapi berkurang. Tahun lalu itu kita selama 3 hari menyembelih 140 ekor sapi, kambing lebih dari 100 ekor," tutur Dodot. 

Pihaknya menyebut, penurunan jumlah hewan ternak yang disembelih dikarenakan wabah PMK yang terjadi hampir di wilayah Jawa Timur (Jatim) khususnya di Malang Raya. 

"Terus kalau tahun lalu kan lebih diprioritaskan (penyembelihan) ke RPH karena menghindari kerumunan Covid-19," ujar Dodot. 

Untuk hewan ternak yang berada di RPH Perumda Tunas Kota Malang, sebelum disembelih telah dipastikan dalam kondisi sehat yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Lalu juga dilakukan cek dua kali oleh dokter kesehatan hewan. 

Untuk rincian biaya jasa penyembelihan hewan kurban di RPH Perumda Tunas Kota Malang, Dodot menyebut bahwa untuk sapi sebesar Rp 805 ribu dan kambing sebesar Rp 200 ribu. 

"Itu yang basic memotong jadi 6 bagian. Artinya sudah kita kupas, kaki kiri kanan depan belakang, dada kepala kita serahkan ke mereka. Kalau motong per kilo mereka sendiri," terang Dodot. 

Namun, pihak RPH Perumda Tunas Kota Malang juga menyediakan jasa penyembelihan hewan kurban dengan memotong dan dilakukan pengemasan daging kurban dalam ukuran per kilogram. 

"Tapi ada juga yang minta ke kita motong kiloan dan packaging tapi ada tambahan biaya, total Rp 1.650.000 untuk sapi dan kambing total Rp 300.000," pungkas Dodot. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru