Wali Kota Batu Serahkan Sapi ke RPH, Awasi Prokes Pemotongan Hewan Kurban

Jul 10, 2022 12:57
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melihat kondisi hewan ternak yang akan dipotong di RPH, Minggu (10/7/2022). (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melihat kondisi hewan ternak yang akan dipotong di RPH, Minggu (10/7/2022). (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak khususnya sapi, perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2022 ini cukup berbeda di Kota Batu, Minggu (10/7/2022). 

Jika biasa Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyerahkan hewan kurban langsung ke masjid kali ini diserahkan langsung di Rumah Potong Hewan (RPH) Kecamatan Junrejo.

Usai menjalankan salat Idul Adha di Masjid Agung An-Nur Kota Batu, Dewanti langsung bertandang ke RPH. Di sana Dewanti menyerahkan satu ekor sapi untuk dikurbankan.

Suasana ini pun cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab tahun sebelumnya Dewanti langsung menyerahkan hewan kurban kepada takmir masjid khusus di Masjid An-Nur, namun kali ini harus menyerahkan di RPH.

Selain menyerahkan di RPH, Dewanti juga meninjau protokol kesehatan pemotongan hewan kurban di RPH. “Sesuai peraturan pemerintah pelakasanaan penyembelihan dialihkan ke RPH,” ungkap Dewanti usai meninjau.

Sesuai Surat Edaran Menteri Agama No 10 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443 H/2022, penyembelihan hewan kurban dilakukan di RPH, dan itu telah ditetapkan dalam Keputusan Wali Kota Batu.

Hewan kurban sebelum dipotong, terlebih dahulu dicek kesehatannya. Jika kondisi hewan kurban sehat langsung dilakukan pemotongan. 

Saat ditinjau, kondisi hewan kurban khususnya sapi terlihat sehat. Proses pemotongan hewan kurban di RPH pun berjalan dengan lancar. Apalagi dengan fasilitas dan panitia yang dimiliki RPH sangat memadai.

“Alhamdulillah prosesnya berjalan dengan lancar, daging sudah mulai dikirim kepada masyarakat yang berhak, semoga nanti sore semua bisa selesai,” tambah Dewanti.

Sementara Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso secara simbolis menyerahkan hewan kurban berupa 1 ekor sapi kepada takmir Masjid Misbahussudur di Imam Bonjol. Sama halnya di RPH, hewan kurban yang akan dipotong harus diperiksa dan mendapatkan persetujuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk kelayakannya.

Dengan demikian, hewan kurban sudah aman dikonsumsi dan bebas dari penyakit PMK. Sedang di Kota Batu ada 99 masjid yang melalukan pemotongan hewan kurban.

Sementara 78 masjid memilih untuk tidak melakukan pemotongan hewan kurban untuk mencegah penyebaran PMK. Melihat hingga saat ini ribuan ekor hewan ternak sapi di Kota Batu terpapar PMK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru