Hukum Bagikan Daging Kurban ke Non Muslim, Ini Penjelasan UAS

Jul 10, 2022 10:18
Ustaz Abdul Somad (UAS) (Foto: IST)
Ustaz Abdul Somad (UAS) (Foto: IST)

JATIMTIMES - Minggu (10/7/2022) umat Muslim di Indonesia telah merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah atau 2022. Namun ada sebagian umat Muslim yang lebih dulu merayakan Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022). Hari Raya Idul Adha tentu identik dengan menyembelih hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban biasanya dilakukan setelah melaksanakan salat id. 

Kebanyakan orang di Indonesia biasanya menyembelih hewan kurban berupa kambing, domba atau sapi. Daging kurban itu nantinya akan dibagikan atau didistribusikan ke para mustahik atau orang yang berhak mendapatkan daging kurban. 

Lantas bagaimana hukum membagikan daging kurban ke non muslim atau agama lain? Berikut penjelasannya menurut Ustaz Abdul Somad (UAS):

UAS pernah menjelaskan mengenai bagaimana hukumnya membagikan daging kurban ke non muslim. "Dan kurban itu masuk kategori hadiah. Begitu kata Atiyah Sahor, Ulama Al-Azhar, Mesir, dalam fatawa Al-Azhar (fatwa-fatwa al- Azhar) boleh memberikan kurban bagi non muslim," ujar UAS dalam salah satu kesempatan ceramahnya yang diunggah ke YouTube.

UAS menambahkan, daging kurban sunah yang bisa diberikan ke non-muslim, sedangkan hewan kurban wajib justru sebaliknya. Kurban wajib yang dimaksud yaitu kurban karena nazar. Hal itu sebagaimana sedekah yang wajib diberikan kepada sesama muslim.

"Boleh memberikan kurban bagi non muslim. Syaratnya kurbannya kurban sunah, karena kurban wajib nggak boleh," kata UAS.

Di sisi lain di dalam Alquran ternyata juga dijelaskan tidak ada larangan pengurban memberikan daging kurban ke orang yang berbeda agama. "Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil." (QS al-Mumtahanah: 8).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru