Viral Aksi Pencuri Uang Kotak Amal Masjid di Karangploso, Polisi Buru Pelaku

Jul 09, 2022 19:54
Potongan video saat terduga pelaku pencurian uang kotak amal melancarkan aksinya. (foto: potongan rekaman CCTV)
Potongan video saat terduga pelaku pencurian uang kotak amal melancarkan aksinya. (foto: potongan rekaman CCTV)

JATIMTIMES - Viral di media sosial Instagram, seorang laki-laki melakukan aksi pencurian kotak amal di sebuah masjid di wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Saat ini, pihak masjid telah melaporkan hal tersebut kepada kepolisian.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik membenarkan bahwa Polsek Karangploso telah menerima laporan dari masyarakat terkait hilangnya sejumlah uang di kotak amal. Berdasarkan laporan, diketahui peristiwa itu terjadi di Masjid Hidayatullah Dusun Kagrengan, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, pada Selasa (5/7/2022) sekitar pukul 21.00 WIB.

“Rabu 6 Juli 2022 sekitar pukul 13.00 WIB petugas Unit Reskrim Polsek Karangploso telah menerima laporan polisi tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan berupa uang tunai di kotak amal,” kata Taufik kepada wartawan, Sabtu (9/7/2022).

Kronologi bermula saat takmir masjid hendak membersihkan masjid. Saat melakukan bersih-bersih itu, takmir melihat ada kejanggalan pada kotak amal yang berada di masjid.

“Takmir melihat (kotak amal) pindah posisi di tepi dinding dalam masjid. Dan (setelah dicek) kotak bawah rusak atau jebol serta uang tunai sudah hilang,” ungkap Taufik.

Karena penasaran dengan peristiwa tersebut, takmir kemudian memutar rekaman CCTV. Memang terlihat ada satu orang laki-laki dengan wajah yang tidak begitu jelas dalam rekaman masuk ke masjid. Kemudian laki-laki tersebut menuju kotak amal yang berada di dalam masjid sebelah kanan. Dia merusak dengan menendang atau menjebol di bagian bawah kotak amal.

“Laki-laki tersebut (memiliki ciri-ciri) rambut bersemir, memakai jaket. Kemudian pelaku mengambil uang tunai yang ada di kotak amal. Setelah berhasil mengambil, pelaku keluar masjid melalui pintu jendela masjid dan  melompat pagar sebelah utara menuju jalan raya. Lalu kabur ke arah timur,” beber Taufik.

Modus yang dilakukan terduga pelaku pencurian adalah mengikuti salat berjamaah di masjid. Namun pelaku menunggu waktu tepat untuk melakukan aksi pencurian.

“Saat jamaah salat sudah pulang semua, pelaku masuk masjid melalui lantai dua yang tidak terkunci," kata Taufik.

Dengan kejadian tersebut, kerugian material yang dialami masjid sebesar kurang lebih Rp 400 ribu. Saat ini, polisi masih memburu keberadaan pelaku untuk mempertanggungjawabkan kejahatan yang dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru