Tempat Pembuangan Akhir di Kota Batu Segera Jadi Wisata Edukasi

Jul 09, 2022 14:14
Petugas saat memilah sampah untuk dihancurkan dengan mesin pyrolisis di TPA Tlekung. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat memilah sampah untuk dihancurkan dengan mesin pyrolisis di TPA Tlekung. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kota Batu terus mengembangkan kawasan wisata edukasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Rencananya satu lagi wisata edukasi bakal dihadirkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Saat ini DLH Kota Batu terus berbenah mempercantik kawasan TPA Tlekung. Beragam fasilitas untuk mengurangi sampah di TPA Tlekung pun terus diberikan di sana.

Seperti hadirnya mesin pyrolisis, pengelolaan sampah menggunakan sistem Pesat (Pengelolaan Sampah Terpadu), memanfaatkan larva dari black soldier fly atau maggot, untuk mengurai sampah organik dan sebagainya.

Selain untuk mengurangi sampah, fasilitas tersebut nantinya juga sekaligus untuk kawasan wisata edukasi. 

Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan mengatakan, TPA Tlekung akan meluncurkan wisata edukasi di pertengahan bulan Oktober 2022. Nantinya, dengan datang ke TPA Tlekung, pengunjung akan diberikan pengetahuan tentang pengolahan sampah sampai Zero Waste.

“Wisata edukasi yang diberikan mulai dari Eco Enzyme, Solar Cell, Maggot, hingga mesin pyrolisis dan proses pengolahan sampah akan disajikan di TPA Tlekung,” ungkap Aries.

Dengan berbagai inovasi, saat ini TPA Tlekung telah berhasil mengurangi sampah hingga 50 ton hingga 80 ton per hari dari jumlah sampah yang masuk sekitar 120 ton hingga 160 ton per harinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru