Pemkot Bersama DPRD Kota Malang Segera Susun Perda Narkoba

Jul 08, 2022 20:37
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko (memegang microphone) saat memberikan keterangan kepada awak media terkait pemusanahan narkoba jenis sabu-sabu di Mapolresta Malang Kota, Jumat (8/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko (memegang microphone) saat memberikan keterangan kepada awak media terkait pemusanahan narkoba jenis sabu-sabu di Mapolresta Malang Kota, Jumat (8/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kota Malang serius mencegah peredaran narkoba yang menyasar masyarakat lintas generasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang segera menyusun peraturan daerah (perda) tentang narkoba. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko usai mengikuti kegiatan pemusanahan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu seberat 20.278,18 gram dan 72 botol minuman keras (miras) di Mapolresta Malang Kota, Jumat (8/7/2022). 

"Melalui DPRD, sekarang bekerja untuk membahas keterkaitan perda narkoba. Ini adalah kesungguhan kita pemerintah, aparat, forkopimda untuk bersama-sama dari sisi regulasi kita siapkan. Dari sisi komitmen juga," ungkap pria yang akrab disapa Bung Edi  itu kepada JatimTIMES.com.

Bung Edi  menyebut, jika pencegahan peredaran narkoba dan penegakan hukum telah dijalankan oleh jajaran aparat penegak hukum (APH) di Kota Malang, maka Pemkot Malang bersama DPRD Kota Malang memperkuat pencegahan narkoba tersebut dengan produk hukum yang segera disusun. 

"Begitu dijalankan dan selalu kita monitoring. Ditambah dengan kesiagaan daripada masyarakat kita di wilayah keluruhan. Maka BNN (Badan Narkotika Nasional) dengan pemda mewujudkan kelurahan bersinah yang bersih dari narkoba," terang Bung Edi. 

Lebih lanjut, hadirnya Kelurahan Bersinar (Bersih dari Narkoba) merupakan sinergi dari Pemkot Malang dengan BNN Kota Malang. Nantinya, disampaikan Bung Edi hal ini akan terus dimasifkan ke 57 kelurahan yang ada. 

"Ada beberapa kelurahan yang sudah dibentuk daripada Kelurhaan Bersinar. Tlogomas, Kotalama, Jodipan, Sukun dan terus akan bergerak," tutur Bung Edi. 

Sementara itu, pemkot  berharap, ke depan akan terus ada Kelurahan Bersinar di wilayah lain hingga merata di lima kecamatan. Selanjutnya, program Bersinar ini dapat menyebar ke satuan pendidikan dan beberapa instansi lainnya. 

"Harapan kita akan muncul kampus bersina, ponpes bersinar, seluruh aktivitas sekolahan bersinar. Itu akan mewujudkan  Kota Malang Bersinar. Kalau setiap kota melakukan ini, akan terwujud Indonesia Bersinar," pungkas Bung Edi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru