Bapenda Kolaborasi dengan FIA UB Sosialisasi Perpajakan di Pakisaji

Jul 07, 2022 17:58
Pelayanan pajak di Desa Glanggang Pakisaji yang juga sekaligus berkolaborasi dengan FIA UB. (Foto: Istimewa).
Pelayanan pajak di Desa Glanggang Pakisaji yang juga sekaligus berkolaborasi dengan FIA UB. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang menggelar sosialisasi tentang perpajakan di Desa Glanggang Kecamatan Pakisaji, Kamis (7/7/2022). Namun pada sosialisasi ini, Bapenda mengajak beberapa mahasiswa dari Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB). 

Kepala Bapenda Kabupaten Malang, Made Arya Wedantara mengatakan, beberapa mahasiswa tersebut sebenarnya sedang dalam program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Glanggang. Salah satu program yang diinisiasi untuk dilakukan adalah melakukan sosialisasi tentang perpajakan kepada masyarakat. 

"Jadi mereka koordinasi dengan kami ingin ada pembelajaran soal pajak kepada masyarakat. Akhirnya kita diundang oleh UB dan melalui persetujuan desa. Kami kirimkan tim PDRB dan PBB untuk memberikan wawasan terhadap masyarakat terkait pajak. Termasuk kepada UMKM di sana. Sekaligus kami membuka pelayanan, karena permintaan Pak Kades kami juga membuka pelayanan," terang Made, Kamis (7/7/2022).

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang sangat bagus untuk dilakukan. Sebab selain kepada masyarakat, dirinya juga menilai bahwa sosialisasi perpajakan juga perlu diberikan kepada generasi penerus. Salah satunya melalui kalangan mahasiswa. 

Proses pelayanan pajak di Kantor Desa Glangang oleh Bapenda Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

"Kebetulan mereka kan juga mahasiswa teredukasi tentang pajak, jadi nyambung kita sampaikan soal perpajakan. Jadi materi ini nyambung kepada masyarakat dan juga kepada generasi muda terutama mahasiswa, agar mereka tahu pemahaman pajak," jelas Made. 

Dengan kegiatan tersebut, dirinya berharap kegiatan serupa akan bisa digelar secara rutin. Untuk itu, rencananya dalam agenda sosialisasi yang mungkin akan digelar, tidak menutup kemungkinan Bapenda Kabupaten Malang akan melibatkan pihak akademisi. Setidaknya melalui mahasiswanya untuk turut dalam sosialisasi. 

"Jadi harapannya ini adalah satu hal yang bagus, jadi nanti akan kolaborasi dengan akademisi, misalnya ada kegiatan di desa kemungkinan mahasiswa bisa bergabung. Karena mahasiswa ini kan generasi kita ke depan ya, kita butuh SDM yang paham tentang pajak. Jadi ini perlu selagi mereka masih muda," ujarnya. 

Terlebih menurutnya, jika ternyata mahasiswa yang turut dalam sosialisasi ini adalah warga Kabupaten Malang, maka diharapkan juga bisa turut mensosialisasikan tentang materi perpajakan yang baru saja disampaikan. 

Proses pelayanan pajak di Kantor Desa Glangang oleh Bapenda Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

"Materinya tadi PBB dan Pajak daerah. Karena ada dua bidang. Jadi semuanya, ada pajak hotel, restoran, hiburan dan lainnya. Ini inisiasi nya dari UB bagus, jadi kita akan mulai berkolaborasi. Di samping kita turun ke desa, kita juga mengundang mereka, mungkin mereka juga ada yang warga Kabupaten Malang," pungkas Made. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru