Wakil Ketua DPRD Batal Naik Haji, Visanya Gagal Terbit

Jul 06, 2022 20:15
Sebanyak 64 calon jamaah haji furoda saat di Jakarta. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)
Sebanyak 64 calon jamaah haji furoda saat di Jakarta. (Foto : Istimewa / Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung yang juga legislator Partai Gerindra Ahmad Baharudin batal menunaikan ibadah haji. Kepastian batal naik haji ini disampaikan oleh Baharudin lantaran dia bersama istri dan dua orang calon jamaah lain asal Tulungagung tak berhasil mendapatkan visa. 

Padahal, Baharudin dan istrinya merupakan peserta haji furoda atau disebut juga haji mujamalah. Furoda ini  adalah haji yang visanya diperoleh dari undangan pemerintah Arab Saudi seperti yang tercantum dalam laman resmi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.

Visa jemaah haji furoda ini disebutkan di luar kuota visa haji yang telah dijatahkan kepada Kemenag (Kementerian Agama).  Oleh karenanya, jemaah haji furoda disebut juga haji nonkuota.

"Jamaah  haji  furoda  dari  travel  PT Arminareka, 62  jamaah tahun 2022  batal  berangkat ke  tanah suci," kata Baharudin dalam pesan WhatsApp, Rabu (06/7/2022).

Empat orang yang dimaksudkan Baharudin adalah dirinya bersama istri dan atas nama jamaah Mukani dan istri dari Desa Besole, Kecamatan Besuki.

Sejak 2 Juli 2022 lalu, Baharudin telah berada di Jakarta dan ditampung di hotel untuk menunggu keberangkatan ke tanah suci. Namun, setelah menunggu empat hari, empat orang gagal berangkat karena pihak kedutaan hingga saat ditutupnya penerbitan visa tidak mencantumkan nama mereka.

Saat itu, Baharudin sudah berusaha melakukan komunikasi dengan jasa travel, yakni PT Arminareka. Namun mendapat jawaban agar menunggu.

"Aku ditampung di hotel Jakarta sejak tanggal 2 Juli, Berangkatnya ke tanah suci  suruh nunggu  visa  furoda sampai akhir  waktu  kedutaan mengerjakan visa. (Ternyata) hari ini hari akhir sudah tutup," ungkapnya.

Karena gagal berangkat, Baharudin belum memutuskan langkah apa yang akan ditempuh ke depan. Ia menegaskan, Kamis (07/7/2022) besok akan pulang kembali ke Tulungagung atas batalnya ibadah haji pada tahun ini.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh kontak PT Arminareka yang disebut Baharudin sebagai travel jasa pemberangkatan ibadah haji itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru