Kota Malang Kini Punya UMKM Corner di Pasar Tradisional, Cek Lokasinya

Jul 06, 2022 17:08
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat memotong pita peresmian UMKM Corner di Pasar Kasin, Rabu (6/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat memotong pita peresmian UMKM Corner di Pasar Kasin, Rabu (6/7/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Kota Malang kini resmi memiliki gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Corner di sudut pasar tradisional. Lokasinya, berada di kawasan Pasar Kasin. 

UMKM Corner tersebut diresmikan oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Rabu (6/7/2022).

Pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang akrab disapa Bung Edi ini menyampaikan, bahwa hadirnya UMKM Corner di dalam pasar tradisional merupakan hasil dari binaan terhadap pelaku UMKM yang dilakukan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang.

Mulai dari pembinaan pengurusan legalitas yang membuat para pelaku UMKM tersebut akhirnya memiliki izin usaha. Kemudian pembinaan terkait pengemasan terhadap produk UMKM agar lebih menarik, serta terdapat pelatihan-pelatihan olahan produk dan pengemasan yang baik.

"Sampai pada tataran disambungkan dengan kalangan perbankan yang terkait dengan permodalan, begitu juga pada akhirnya mesti harus dipasarkan," ungkap Bung Edi kepada JatimTIMES.com.

Bung Edi.

Bung Edi menyebutkan, hingga saat ini jumlah para pelaku UMKM di Kota Malang yang telah dibina oleh Diskopindag Kota Malang mencapai ratusan. Pasalnya, para pelaku UMKM tersebut berasal dari 57 kelurahan yang berada di lima kecamatan di Kota Malang.

"Satu kelurahan itu bisa tiga sampai lima pelaku UMKM dan kemasannya sudah bagus. Tinggal bagaimana masyarakat mengetahui, ya ada promonya lah, teman-teman yang mempromokan," terang Bung Edi.

Menurutnya, hal ini merupakan upaya dari Pemkot Malang dalam menyediakan tempat bagi para pelaku UMKM untuk dapat tumbuh dan akhirnya menjadi kuat. Hal ini merupakan salah satu contoh yang kongkret untuk membantu para pelaku UMKM.

Untuk pemasarannya sendiri Bung Edi juga akan mendorong untuk para pelaku UMKM agar memanfaatkan marketplace melalui jaringan pasar online untuk memasarkan produk-produk yang dimiliki oleh para pelaku UMKM.

"Lebih baik kita melakukan hal kecil seperti ini tapi berdampak besar, menginspirasi yang lain, sehingga nanti fasilitas yang dimiliki pemerintah bisa diberikan untuk para pelaku UMKM," tutur Bung Edi.

Produk UMKM.

Selain pemasaran secara digital dengan memanfaatkan para online terus berjalan, masyarakat juga dapat melihat produk-produk UMKM tersebut secara langsung di UMKM Corner yang terdapat di Pasar Kasin.

Nantinya, penempatan UMKM Corner di Pasar Kasin ini direncanakan akan dikembangkan ke pasar-pasar tradisional di Kota Malang lainnya. Karena hal itu akan membuat pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Malang semakin berkembang dan bermanfaat bagi para pelaku UMKM.

"Semakin banyak outlet atau tempat untuk memasarkan, semakin bagus. Kalau setiap pasar itu ada space untuk UMKM Corner akan semakin bagus. Tapi kan dipotret dulu, kalau traffic perdagangannya atau transaksinya bagus ya pasti akan bagus juga," pungkas Bung Edi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru