Pipa Bocor di Ranugrati, Perumda Tugu Tirta Lakukan Penanganan Cepat: Malam Ini Selesai

Jul 05, 2022 20:38
Tampak air meluber disebabkan pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang bocor yang membuat kemacetan di perempatan Jalan Ranugrati, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Selasa (5/7/2022). (Foto: Instagram Dishub Kota Malang)
Tampak air meluber disebabkan pipa Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang bocor yang membuat kemacetan di perempatan Jalan Ranugrati, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Selasa (5/7/2022). (Foto: Instagram Dishub Kota Malang)

JATIMTIMES - Petugas dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang langsung bergerak cepat melakukan pembenahan pipa yang bocor di kawasan Jalan Ranugrati, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Selasa (5/7/2022). 

Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas menjelaskan, bahwa sebelum terjadi kebocoran pada pukul 12.00 WIB, petugas dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang sedang melakukan perawatan pipa. 

"Itu tadi petugas lagi perawatan pipa, nggak jebol, cuma sedang ada perbaikan, terus (penyambung pipanya) lepas, jadi langsung airnya meluber ke mana-mana. Sudah langsung ditangani," ungkap Muhlas kepada JatimTIMES.com. 

Kemudian, dengan cepat petugas dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang mematikan saluran air yang mengarah ke pipa di kawasan Jalan Ranugrati, Kota Malang. 

Pasalnya, memang tindakan perawatan dan pengecekan pipa secara rutin dilakukan. Hal ini untuk mengantisipasi kehilangan air atau bahkan kebocoran pipa yang besar. Apalagi panjang pipa yang dimiliki oleh Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang sepanjang jarak antara Jakarta-Malang. 

"Kondisi seperti ini memang lumrah ada dan selalu kami atasi," tegas Muhlas. 

Pihaknya menuturkan, kepada masyarakat di 11 kelurahan yang terdampak kebocoran pipa tersebut yakni Kelurahan Sawojajar, Madyopuro, Polowijen, Pandanwangi, Rampal Celaket, Ksatrian, Bunulrejo, Polehan, Balearjosari, Bumiayu, dan Buring dapat menggunakan layanan tangki air gratis dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang dengan mengontak WhatsApp atau SMS ke nomor 0816550800. 

"Kalau memang (kekurangan air) silahkan langsung (kontak) ke pengaduan kita akan kita layani," terang Muhlas. 

Sementara itu, Manajer Kehilangan Air Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang Rahmad Hadi Sasmito menambahkan bahwa kebocoran pipa tersebut disebabkan karet penyambung pipa di kawasan Jalan Ranugrati, Kota Malang tersebut sudah aus. 

"Jadi itu karet penyambungnya sudah aus, akhirnya pipanya lepas. Awalnya cuma bocor kecil, karena pipa lepas akhirnya meluber ke jalan raya," terang Rahmad. 

Pihaknya pun menegaskan bahwa penanganan pipa bocor di Jalan Ranugrati, Kota Malang tersebut tidak sampai besok Rabu (6/7/2022). Melainkan malam hari ini Selasa (5/7/2022) sudah selesai teratasi. 

"Ini petugas kita ada di lokasi untuk melakukan pembenahan, malam ini sudah pasti selesai," pungkas Rahmad. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru